PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19
Hera Mahardika, 1601416053 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mendukung kedisiplinan belajar anak pada masa pandemi Covid-19. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat terbentuknya kedisiplinan belajar anak pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil 6 (enam) responden, yang terdiri dari empat orang tua murid, satu guru kelas TK B, dan kepala sekolah. Sumber data penelitian menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk melihat kondisi keluarga, kondisi rumah, usia anak, aktivitas anak ketika di rumah, aktivitas orang tua di rumah, dan peraturan yang dibuat oleh orang tua di rumah. Hasil observasi tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan mewawancarai orang tua murid, guru kelas, dan kepala sekolah di TK PGRI 11 Lebdosari Semarang. Dokumentasi dikumpulkan sebagai data pendukung. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Kemudian keabsahan data dilihat menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua untuk mendukung kedisiplinan belajar anak pada masa pandemi Covid-19 dengan cara mengajari anak saat belajar dengan cara mendampingi dan membantu anak saat mengalami kesulitan pada tugas yang diberikan oleh guru, membimbing anak dengan memberikan pengertian akan pentingnya kedisiplinan belajar yang akan bermanfaat bagi anak itu sendiri, memberi keteladanan tentang kedisiplinan bagi anak, dan memberi motivasi pada anak berupa pujian, hadiah, dan nasihat. Kedisiplinan belajar ini dipengaruhi oleh faktor pendukung berupa pemberian contoh kedisiplinan secara berulang dari orang tua, penerapan aturan yang tepat saat belajar, dan suasana belajar yang tenang. Adapun faktor penghambat berupa kurangnya kesadaran anak tentang kedisiplinan belajar, kesulitan orang tua dalam membagi waktu belajar, bermain, dan istirahat anak, serta kesibukan orang tua yang membuatnya tidak dapat mendampingi anak secara penuh dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Kedisiplinan Belajar Anak, Masa Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 01:47 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 01:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50553 |
Actions (login required)
View Item |