PENGEMBANGAN E-KATALOG SPERMATOPHYTA DI HUTAN KOTA SALATIGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PLANTAE BAGI SISWA SMA/MA


Anis Lina Jati, 4401416094 (2021) PENGEMBANGAN E-KATALOG SPERMATOPHYTA DI HUTAN KOTA SALATIGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PLANTAE BAGI SISWA SMA/MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-KATALOG SPERMATOPHYTA DI HUTAN KOTA SALATIGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PLANTAE BAGI SISWA SMA/MA] PDF (PENGEMBANGAN E-KATALOG SPERMATOPHYTA DI HUTAN KOTA SALATIGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PLANTAE BAGI SISWA SMA/MA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hutan Kota Salatiga merupakan salah satu ruang terbuka hijau di Kota Salatiga yang berpotensi digunakan sebagai sumber belajar biologi, khususnya pada materi Plantae. Letak Hutan Kota Salatiga yang strategis memungkinkan guru dan siswa dari berbagai sekolah di Salatiga untuk melaksanakan pengamatan tumbuhan secara langsung di kawasan ini. Namun, pada kenyataannya kawasan ini belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar karena berbagai faktor seperti, waktu, jarak, dan biaya. Pemanfaatan potensi Hutan Kota Salatiga dapat ditingkatkan dengan mengintegrasikan potensi tersebut ke dalam perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekayaan spermatophyta di Hutan Kota Salatiga, mengetahui karakteristik e-katalog, dan menganalisis validitas, keterbacaan, serta keefektifan produk e-katalog spermatophyta sebagai sumber belajar materi plantae untuk siswa SMA/MA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Produk e-katalog divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan dengan uji coba skala kecil. Uji keterbacaan produk melibatkan satu guru biologi dan 10 siswa kelas X MIPA, sedangkan uji keefektifan melibatkan 20 siswa kelas X MIPA. Data validitas, keterbacaan, dan keefektifan ekatalog dianalisis secara deskriptif persentase. Berdasarkan hasil eksplorasi tumbuhan diketahui terdapat 58 spesies spermatophyta di Hutan Kota Salatiga. Validitas e-katalog spermatophyta termasuk dalam kategori sangat valid, dengan persentase validitas menurut ahli materi sebesar 91,25% dan ahli media sebesar 95,83%. Keterbacaan e-katalog spermatophyta termasuk dalam kategori sangat baik, dengan persentase keterbacaan menurut guru sebesar 85% dan menurut siswa sebesar 89,83%. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa e-katalog spermatophyta efektif digunakan sebagai sumber belajar, dengan hasil kriteria ketuntasan klasikal sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-Katalog Spermatophyta di Hutan Kota Salatiga layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar materi plantae bagi siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-katalog spermatophyta, Hutan Kota Salatiga, materi plantae
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:37
Last Modified: 25 Jul 2022 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50552

Actions (login required)

View Item View Item