HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DAN ACADEMIC GOAL ORIENTATION DENGAN FEAR OF MISSING OUT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Muhammad Mahbub Junaidi, 1511416030 (2021) HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DAN ACADEMIC GOAL ORIENTATION DENGAN FEAR OF MISSING OUT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416030 - Muhammad Mahbub Junaidi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fitur real time pada media sosial memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk dapat melihat aktivitas dari orang lain dan dianggap lebih memuaskan dibandingkan dengan apa yang dialami oleh dirinya sendiri. Fenomena tersebut menimbulkan sebuah kecemasan yang disebut Fear of Missing Out (FoMO). Mahasiswa yang mengalami FoMO akan selalu berusaha terhubung dengan media sosial, untuk itu dibutuhkan sebuah guide agar tujuan akademiknya dapat tercapai. Academic goal orientation memberikan gambaran bagaimana mahasiswa dapat fokus dengan tujuan utamanya. Selain itu diperlukan juga kemampuan mengatur diri, atau yang disebut self control yang baik agar tidak mengganggu aktivitas di perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketiga variabel yaitu self control, academic goal orientation, dan Fear of Missing Out. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Instrumen penelitian terdiri dari tiga skala yaitu skala kontrol diri (22 aitem, α = .705), skala academic goal orientation (20 aitem, α = .787), dan skala FoMO (23 aitem, α = ,712). Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa UNNES. Teknik sampling yang digunakan adalah multistage random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 385 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara FoMO dan self control dengan nilai korelasi sebesar -0,375 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (signifikansi < 0,05), sedangkan antara academic goal orientation dan FoMO tidak memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: self control, academic goal orientation, Fear of Missing Out, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:30
Last Modified: 25 Jul 2022 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50550

Actions (login required)

View Item View Item