HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Pengkuh Aji Atmojo, 1401417130 (2021) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417130 - Pengkuh Atmaja.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Fasilitas belajar di rumah dan disiplin belajar merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Siswa yang memiliki fasilitas belajar di rumah memadai dan disiplin belajar yang baik maka tingkat keberhasilan belajarnya pun akan baik. Fakta empiris menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum sepenuhnya optimal. Terdapat siswa dengan fasilitas belajar di rumah yang kurang memadai dan beberapa siswa memiliki sikap disiplin belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji seberapa besar hubungan antara fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar IPS; (2) Menguji seberapa besar hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS; (3) Menguji seberapa besar hubungan antara fasilitas belajar di rumah dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD N Gugus Ki Hajar Dewantara sebanyak 187 siswa, dan sampel sebanyak 129 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel penelitian ini meliputi fasilitas belajar di rumah, disiplin belajar dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,659, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 43,5%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,729, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 53,2%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah dan disiplin belajar secara bersama dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,746, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 55,6% dengan hasil belajar siswa dan 44,4% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Disarankan untuk orang tua dan guru agar memberikan perhatian khusus terhadap fasilitas belajar di rumah dan disiplin belajar siswa sehingga hasil belajar yang dicapai dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar; fasilitas belajar di rumah; hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:22
Last Modified: 25 Jul 2022 01:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50547

Actions (login required)

View Item View Item