IDENTIFIKASI TUMBUHAN OBAT DI KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BERBASIS ETNOBOTANI


Nurul Khotimah Ali Barokah, 4401414076 (2021) IDENTIFIKASI TUMBUHAN OBAT DI KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BERBASIS ETNOBOTANI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IDENTIFIKASI TUMBUHAN OBAT DI KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BERBASIS ETNOBOTANI] PDF (IDENTIFIKASI TUMBUHAN OBAT DI KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BERBASIS ETNOBOTANI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salem merupakan salah satu dari 17 kecamatan di Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah berjarak 111 km dari pusat Kabupaten. Sebesar 55% dari wilayah Kecamatan Salem (8.474 ha) berupa hutan, sehingga kehidupan masyarakatnya masih bergantung kepada alam, termasuk untuk memenuhi kebutuhan obat. Pengetahuan etnobotani yang terkait dengan pemanfaatan tumbuhan sebagai obat saat ini hanya diketahui dan dikuasai generasi tua. Generasi muda khususnya siswa penting untuk mengetahui, menguasai, dan memahami etnobotani agar dapat menjadi agen strategis yang dapat berkontribusi dalam pelestarian pemanfaatan tumbuhan obat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media mobile learning berbasis android berupa multimedia materi plantae (multi-plant) dan menganalisis kelayakan multi-plant sebagai media pembelajaran. Multi-plant ini dikembangkan berdasarkan hasil penelitian etnobotani tumbuhan obat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Hasil pengembangan diuji coba skala besar pada siswa SMA N 1 Salem tahun ajaran 2018/2019, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Jumlah tumbuhan obat yang ditemukan di wilayah Salem sebanyak 67 spesies yang termasuk dalam 39 famili. Validasi media multi-plant oleh ahli media mendapatkan kriteria sangat layak, sedangkan oleh ahli materi mendapatkan kriteria layak. Tanggapan keterterapan media oleh guru dan siswa diketahui bahwa multi-plant layak digunakan dalam pembelajaran. Media multiplant berpengaruh terhadap hasil belajar kelas eksperimen yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai pada uji N-gain dengan rata-rata sebesar 0,76 termasuk kategori tinggi dan ketuntasan klasikal sebesar 94,4%. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa media multi-plant etnobotani tumbuhan obat berbasis android mobile learning layak digunakan sebagai sumber belajar materi plantae.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etnobotani, Multimedia pembelajaran, Sumber belajar, Tumbuhan Obat
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 25 Jul 2022 00:58
Last Modified: 25 Jul 2022 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50545

Actions (login required)

View Item View Item