PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IMOSSY (INTERACTIVE MULTIMEDIA OF SENSE SYSTEM)


Wangsa Amrinia, 4401413080 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IMOSSY (INTERACTIVE MULTIMEDIA OF SENSE SYSTEM). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IMOSSY (INTERACTIVE MULTIMEDIA OF SENSE SYSTEM)] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IMOSSY (INTERACTIVE MULTIMEDIA OF SENSE SYSTEM)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa sumber belajar yang digunakan adalah buku lembar kegiatan siswa, buku paket, dan materi dari guru berbentuk file powerpoint. Sumber belajar dinilai kurang efektif karena visualisasi yang relatif sedikit sehingga siswa kesulitan memahami materi dan kurang berminat untuk belajar.Pembelajaran biologi yang dilaksanakan belum kontekstual. Terbukti dengan perolehan rata – rata hasil belajar siswa yang berada di bawah nilai kriteria ketuntasan minimal sebesar 80. Siswa mengaku sangat membutuhkan visualisasi yang baik dan pembelajaran yang kontekstual.Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran Imossy. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1Cepiring dengan rancangan penelitian Research and Development (R&D). Langkah penelitian ini meliputi analisis kebutuhan dan ketersediaan media pembelajaran sebagai data awal,desain produk, validasi oleh validator media dan validator materi untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, revisi desain, uji coba produk untuk mengetahui praktikalitas media pembelajaran, revisi produk, dan produk akhir. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran Imossy oleh validator memperoleh kriteria sangat layak dengan hasil validasi media sebesar 96,43% dan hasil validasi materi sebesar 89,17% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian kelayakan oleh guru dan siswa berturut-turut memperoleh rata-rata persentasesebesar 88,17% dan 92,50% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran Imossy sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem indera.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, kelayakan media, sistem indera.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 25 Jul 2022 00:52
Last Modified: 25 Jul 2022 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50544

Actions (login required)

View Item View Item