EKSTRAKSI BESI DARI FLY ASH BATUBARA MENGGUNAKAN PELARUT HCl


Slamet Budi Setyo, 4311416067 (2021) EKSTRAKSI BESI DARI FLY ASH BATUBARA MENGGUNAKAN PELARUT HCl. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EKSTRAKSI BESI DARI FLY ASH BATUBARA MENGGUNAKAN PELARUT HCl] PDF (EKSTRAKSI BESI DARI FLY ASH BATUBARA MENGGUNAKAN PELARUT HCl) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sekitar 780 juta ton fly ash diproduksi setiap tahun diseluruh dunia. Pemanfaatan fly Ash yang masih minimal, menyebabkan timbunan fly ash yang semakin meningkat. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian ekstraksi besi dari fly ash batubara menggunakan pelarut HCl. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan Fe dalam fly ash yang diekstraksi menggunakan HCl dengan variasi konsentrasi HCl dan waktu ekstraksi. Penelitian ini diawali dengan preparasi sampel fly ash menggunakan oven. Fly ash yang sudah di preparasi dan diekstraksi menggunakan HCl yang ditambah dengan MIBK dan EDTA kemudian di karakterisasi menggunakan XRF, FTIR dan AAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan Fe tertinggi (11,48%) diperoleh pada hasil ekstraksi menggunakan HCl 9N selama 1 menit. Semakin besar konsentrasi HCl dan semakin cepat waktu ekstraksi, Fe hasil ekstraksi semakin banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstraksi, Fly Ash, HCl
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 05:22
Last Modified: 22 Jul 2022 05:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50543

Actions (login required)

View Item View Item