PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA DENGAN PEMANFAATAAN INDIKATOR ALAMI TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING


Shihhiya Noor Maliya, 4301416052 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA DENGAN PEMANFAATAAN INDIKATOR ALAMI TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA DENGAN PEMANFAATAAN INDIKATOR ALAMI TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING] PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA DENGAN PEMANFAATAAN INDIKATOR ALAMI TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan praktikum kimia di sekolah banyak yang masih terkendala karena keterbatasan bahan, penanganan limbah kimia yang masih kurang memadai, serta panduan praktikum yang masih sangat singkat dan verifikatif. Maka, diperlukan pengembangan lembar kerja praktikum (LKP) dengan pemanfaatan bahan alami yang diintegrasikan dengan salah satu model pembelajaran Kurikulum 2013 yang dianjurkan yaitu Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKP yang layak dan praktis sehingga dapat membantu keterlaksanaan praktikum. Desain penelitian pengembangan yang dipakai adalah 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu define, design, development, disseminate. Penelitian dilakukan hingga tahap development pada uji coba skala kecil karena pandemi COVID-19 yang tidak memungkinan untuk bertatap muka secara langsung dengan peserta didik. Kelayakan ditentukan dari penilaian oleh ahli dan kepraktisan LKP ditentukan oleh tanggapan peserta didik pada uji coba skala kecil, keduanya dianalisis dengan teknik rating scale. LKP dikatakan layak apabila memenuhi kriteria layak oleh ahli dengan perolehan skor penilaian layak atau sangat layak. Uji coba skala kecil dilakukan kepada 36 peserta didik. LKP dikatakan praktis apabila skor tanggapan dari peserta didik memenuhi kriteria praktis atau sangat praktis. Hasil penilaian kelayakan oleh 5 validator menunjukkan bahwa LKP mendapatkan rerata skor sebesar 50,2/56 dengan kategori sangat layak dan skor kepraktisan dari tanggapan peserta didik sebesar 40,33/45 dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, LKP yang dikembangkan dikatakan layak dan praktis digunakan sebagai panduan praktikum dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Indikator alami; Lembar kerja praktikum; PBL; Titrasi asam basa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:50
Last Modified: 22 Jul 2022 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50541

Actions (login required)

View Item View Item