IMPLEMENTASI ALAT PERAGA TATA SURYA BERBANTUAN INFRARED TOUCH SENSOR DAN AUDIO PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA UNTUK MEMBANTU MEMAHAMI KONSEP FISIKA


Camelia Umar, 4201417030 (2021) IMPLEMENTASI ALAT PERAGA TATA SURYA BERBANTUAN INFRARED TOUCH SENSOR DAN AUDIO PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA UNTUK MEMBANTU MEMAHAMI KONSEP FISIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI ALAT PERAGA TATA SURYA BERBANTUAN INFRARED TOUCH SENSOR DAN AUDIO PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA UNTUK MEMBANTU MEMAHAMI KONSEP FISIKA] PDF (IMPLEMENTASI ALAT PERAGA TATA SURYA BERBANTUAN INFRARED TOUCH SENSOR DAN AUDIO PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA UNTUK MEMBANTU MEMAHAMI KONSEP FISIKA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi alat peraga mempermudah peserta didik dalam memahami konsep fisika yang abstrak menjadi lebih konkret. Berdasarkan hasil studi dan penelitian, penggunaan alat peraga IPA sangat minim dalam pembelajaran tunanetra karena keterbatasan media belajar. Pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan metode ceramah, sehingga menyebabkan peserta didik tunanetra kesulitan dalam memahami bentuk, proses dan konsep yang terjadi dalam proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik tunanetra setelah diterapkannya alat peraga, mengetahui motivasi belajar sains peserta didik tunanetra setelah diterapkannya alat peraga, dan mencari tahu respon peserta didik tunanetra terhadap infrared touch sensor pada alat peraga. Penelitian dilaksanakan di SMPLB Jepara dengan jumlah empat peserta didik tunanetra. Data hasil pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes, sedangkan data respon siswa terhadap infrared touch sensor pada alat peraga dan data motivasi belajar dikumpulkan melalui lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep dengan uji coba menggunakan One Groups Pretest and Posttest Design mampu meningkatkan pemahaman konsep IPA, dengan hasil effect size yang diperoleh keempat peserta didik tunanetra berada dalam kategori tinggi. Rata-rata hasil angket respon peserta didik tunanetra terhadap infrared touch sensor pada alat peraga yang ditinjau dari skor angket respon keempat peserta didik tunanetra sebesar 77,5 yang berada dalam kategori sangat baik. Rata-rata hasil skor angket motivasi belajar keempat peserta didik tunanetra sebesar 95 dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu alat peraga gerhana matahari dan bulan berbantuan infrared touch sensor & audio sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, infrared touch sensor pada alat peraga mampu menyempurnakan imajinasi dalam memahami konsep proses terjadinya gerhana matahari dan bulan, serta alat peraga dapat meningkatkan motivasi belajar IPA peserta didik tunanetra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peserta Didik Tunanetra, Alat Peraga Pembelajaran, Tata Surya, Peningkatan Pemahaman Konsep, Infrared Touch Sensor, Motivasi Belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:41
Last Modified: 22 Jul 2022 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50540

Actions (login required)

View Item View Item