EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN STRATEGI REACT BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA VIETNAM


Khomsatun Dwi Nurhayati, 4101414089 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN STRATEGI REACT BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA VIETNAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN STRATEGI REACT BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA VIETNAM] PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN STRATEGI REACT BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA VIETNAM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran CTL menggunakan strategi REACT berbantuan mind map dan pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian dilakukan di SMA Tran Nhan Tong, Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Sampel penelitian adalah siswa kelas XA1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT berbantuan mind map dan kelas XA2 sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran ekspositori yang dipilih berdasarkan cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan CTL dengan strategi REACT berbantuan mind map mencapai kriteria ketuntasan minimal, 2) kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan CTL dengan strategi REACT berbantuan mind map lebih tinggi daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori, dan 3) terdapat pengaruh positif kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan CTL dengan strategi REACT berbantuan mind map.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL, REACT, Mind Map, Kemampuan Koneksi Matematis, Kemandirian Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:28
Last Modified: 22 Jul 2022 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50537

Actions (login required)

View Item View Item