PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN TEGALSARI TERHADAP KINERJA PEMERINTAH KOTA TEGAL DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19


Farhan Maulana, 3312416071 (2021) PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN TEGALSARI TERHADAP KINERJA PEMERINTAH KOTA TEGAL DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN TEGALSARI TERHADAP KINERJA PEMERINTAH KOTA TEGAL DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19] PDF (PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN TEGALSARI TERHADAP KINERJA PEMERINTAH KOTA TEGAL DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2019 erjadi pandemi virus Covid-19 yang menyebar secara global. Indonesia termasuk negara dengan persentase tertular cukup tinggi, karena keterlambatan pencegahan. Kota Tegal menjadi salah satu wilayah yang terdampak akibat dari adanya virus Covid-19. Pemerintah Kota Tegal menetapkan Peraturan Walikota No.8 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah Kota Tegal dalam penanganan pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunaan metode Deskriptif kuantitatif dengan lokasi penelitian di Kelurahan Tegalsari. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama dengan dokumen dan pedoman wawancara sebagai alat pendukung. Pada penelitian ini jumlah populasi sebanyak 7.683 sedangkan sampel yang diambil sebanyak 153 sampel dengan teknik proportional random sampling. Penulis menggunakan angket dengan skala Likert dengan pilihan “Baik”, “Cukup” dan “Tidak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kota Tegal dalam penanganan Covid-19 di Kelurahan Tegalsari menunjukkan hasil respon masyarakat dengan responden yang menjawab “Baik” sejumla 1686 orang mendapat persentase (44.08%), responden yang menjawab “Cukup” sejumlah 1176 dengan persentase (30.75%) dan jumlah respon keseluruhan dari responden yang menjawab “Tidak Baik” sejumlah 963 mendapat persentase (25.18%). Saran yang diberikan ini yakni (1) Pemerintah Kota Tegal dapat lebih tepat waktu dalam memberikan bantuan sembako kepada masyarakat. (2) Pemerintah Kota Tegal dapat melakukan diskusi dengan masyarakat tentang bantuan sosial yang diberikan supaya mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat selama PSBB.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi masyarakat, Kinerja pemerintah, Pandemi Covid-19
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:44
Last Modified: 22 Jul 2022 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50533

Actions (login required)

View Item View Item