EKSISTENSI INDUSTRI EGGROLL WALUH TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA NGROTO KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA


Beuty Rosa Melati, 3201416082 (2021) EKSISTENSI INDUSTRI EGGROLL WALUH TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA NGROTO KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EKSISTENSI INDUSTRI EGGROLL WALUH TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA NGROTO KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA] PDF (EKSISTENSI INDUSTRI EGGROLL WALUH TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA NGROTO KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Industri eggroll waluh merupakan industri kecil yang berada di Desa Ngroto Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, yang mengolah waluh menjadi makanan kekinian dengan diberi nama eggroll waluh. Eksistensi industri eggroll waluh telah mendukung program ketahanan pangan, penggerak perekonomian, dan berkembang menjadi ikon baru oleh-oleh dari Kecamatan Cepu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan industri, strategi pemasaran produk industri, dan pengaruh eksistensi industri eggroll waluh terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Ngroto Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi yaitu penggabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Model penelitian yang digunakan adalah sekuensial eksploratoris. Penelitian kualitatif digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua. Penelitian kuantitatif digunakan untuk menjawab rumusan masalah ketiga. Tempat penelitian dilakukan di Desa Ngroto. Populasi penelitian adalah masyarakat yang terlibat dalam kegiatan industri eggroll waluh baik pengusaha dan karyawan dengan jumlah keseluruhan 122 orang. Sampelnya sebanyak 93 responden dengan pengambilan sampel data secara proportionate stratifed random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan cara observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis yang digunakan meliputi analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perkembangan industri eggroll waluh di Desa Ngroto dari awal berdirinya sampai saat ini telah mengalami perkembangan ke arah lebih baik dan maju. Hal ini dapat dilihat bahwa sudah banyak varian rasa dari eggroll waluh. Keberadaannya sudah banyak dikenal luas di berbagai daerah, yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Cepu. (2) Strategi pemasaran yang digunakan dalam memasarkan produk industri eggroll waluh terdiri dari beberapa strategi yaitu strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi. (3) Eksistensi industri eggroll waluh berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Ngroto Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji regresi linear sederhana didapat persamaan regresi Y = 21,943 + 0,600 X. Perhitungan dari hipotesis menggunakan uji t didapat thitung = 5,734 > ttabel = 1,990. Penelitian ini membuktikan terjawabnya hipotetsis penelitian yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan, bahwa industri eggroll waluh di Desa Ngroto Kecamatan Cepu Kabupaten Blora memiliki potensi untuk dikembangkan karena mampu menggerakan perekonomian yang mengakibatkan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Disarankan industri eggroll waluh terus berinovasi supaya dapat lebih memberikan pengaruh kondisi sosial ekonomi masyarakat khususnya bagi tenaga kerja tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Industri, Kondisi Sosial Ekonomi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:49
Last Modified: 22 Jul 2022 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50527

Actions (login required)

View Item View Item