PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 11 SEMARANG DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS TAHUN AJARAN 2020/2021


Laelatul Fitriyah, 3101415033 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 11 SEMARANG DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 11 SEMARANG DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS TAHUN AJARAN 2020/2021] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 11 SEMARANG DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS TAHUN AJARAN 2020/2021) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMK Negeri 11 Semarang menunjukkan bahwa dalam penyampaian pembelajaran sejarah di masa pandemi ini guru menggunakan Google Classroom tetapi belum berisi konten-konten menarik hanya berupa penyampaian materi secara tekstual. Hal ini menyebabkan kurangnya motivasi dari peserta didik terhadap pelajaran sejarah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan media Video Interaktif berbasis Google Classroom untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan antara motivasi belajar siswa menggunakan Video Interaktif berbasis google classroom dengan tidak menggunakan video. Desain penelitian ini menggunakan Pre test-Post test Control Grup Design dengan pendekatan Korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Semarang tahun Ajaran 2020/2021. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X desain grafika 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas produksi grafika 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive cluster sampling. Berdasarkan perhitungan menggunakan teknik Independent Sample T Test, diperoleh nilai thitung lebih dari nilai ttabel (thitung > ttabel) yaitu 7,642> 1,997 dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa menggunakan Video Interaktif berbasis google classroom dengan tidak menggunakan video interaktif. Hal ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media video interaktif berbasis Google Classroom dalam pembelajaran sejarah terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 11 Semarang Di Masa Pandemi Corona Virus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video Interaktif, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:31
Last Modified: 22 Jul 2022 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50523

Actions (login required)

View Item View Item