TEKNIK DAN PEMBAWAAN VOKAL LAGU-LAGU POPULER DALAM MUSIK KERONCONG OLEH O.K. GITA MAHARDIKA DI SEMARANG


Fauziatus Zilmi, 2501416122 (2021) TEKNIK DAN PEMBAWAAN VOKAL LAGU-LAGU POPULER DALAM MUSIK KERONCONG OLEH O.K. GITA MAHARDIKA DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TEKNIK DAN PEMBAWAAN VOKAL LAGU-LAGU POPULER DALAM MUSIK KERONCONG OLEH O.K. GITA MAHARDIKA DI SEMARANG] PDF (TEKNIK DAN PEMBAWAAN VOKAL LAGU-LAGU POPULER DALAM MUSIK KERONCONG OLEH O.K. GITA MAHARDIKA DI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Musik keroncong merupakan kebudayaan yang ada di Indonesia, salah satu grup keroncong yaitu O.K. Gita Mahardika Semarang merupakan grup yang masih eksis di Semarang. Orkes keroncong ini selain membawakan lagu keroncong juga membawakan lagu ekstra berupa lagu-lagu populer. Pembawaan vokal lagu-lagu populer masing-masing penyanyi berbeda karena musik keroncong sangat identik dengan pembawaan teknik keroncong yang khas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik dan pembawaan vokal lagu-lagu populer dalam musik keroncong oleh O.K. Gita Mahardika di Semarang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dan teori. Teknik penulis dalam menganalisa data dengan analis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa O.K. Gita Mahardika Semarang dalam membawakan lagu-lagu populer dengan mengaitkan teknik yang ada di dalam keroncong berupa luk, nggandul, embat, gregel dan cengkok, penyanyi membawakannya menjadi ada sentuhan teknik vokal keroncong. Masing-masing penyanyi berbeda pembawannya, lagu dengan tempo yang lambat menggunakan teknik keroncong berupa luk dan nggandul, sedangkan lagu dengan tempo cepat menggunakan teknik keroncong berupa luk namun penggunaannya tidak sebanyak luk dalam tempo cepat. Teknik keroncong berupa embat, gregel, dan cengkok tidak digunakan penyanyi O.K. Gita Maharadika Semarang dalam membawakan lagu populer karena tidak semua teknik keroncong cocok untuk di terapkan pada lagu populer. Sentuhan teknik pop berupa improvisasi tetap diperlihatkan penyanyi O.K. Gita Mahardika Semarang dalam membawakan lagu populer dengan beberapa bagian improvisasi yang sama dengan penyanyi aslinya. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini untuk O.K. Gita Mahardika Semarang sebaiknya lebih memperhatikan tempo dalam membawakan sebuah lagu agar tetap konsisten, membawakan lagu-lagu keroncong dengan musik keroncong dan lagu di luar keroncong yang sedang populer dengan melakukan inovasi pada aransemennya sehingga minat masyarakat untuk mendengarkan musik keroncong menjadi tinggi dan musik keroncong tetap lestari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Musik keroncong merupakan kebudayaan yang ada di Indonesia, salah satu grup keroncong yaitu O.K. Gita Mahardika Semarang merupakan grup yang masih eksis di Semarang. Orkes keroncong ini selain membawakan lagu keroncong juga membawakan lagu ekstra berupa lagu-lagu populer. Pembawaan vokal lagu-lagu populer masing-masing penyanyi berbeda karena musik keroncong sangat identik dengan pembawaan teknik keroncong yang khas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik dan pembawaan vokal lagu-lagu populer dalam musik keroncong oleh O.K. Gita Mahardika di Semarang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dan teori. Teknik penulis dalam menganalisa data dengan analis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa O.K. Gita Mahardika Semarang dalam membawakan lagu-lagu populer dengan mengaitkan teknik yang ada di dalam keroncong berupa luk, nggandul, embat, gregel dan cengkok, penyanyi membawakannya menjadi ada sentuhan teknik vokal keroncong. Masing-masing penyanyi berbeda pembawannya, lagu dengan tempo yang lambat menggunakan teknik keroncong berupa luk dan nggandul, sedangkan lagu dengan tempo cepat menggunakan teknik keroncong berupa luk namun penggunaannya tidak sebanyak luk dalam tempo cepat. Teknik keroncong berupa embat, gregel, dan cengkok tidak digunakan penyanyi O.K. Gita Maharadika Semarang dalam membawakan lagu populer karena tidak semua teknik keroncong cocok untuk di terapkan pada lagu populer. Sentuhan teknik pop berupa improvisasi tetap diperlihatkan penyanyi O.K. Gita Mahardika Semarang dalam membawakan lagu populer dengan beberapa bagian improvisasi yang sama dengan penyanyi aslinya. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini untuk O.K. Gita Mahardika Semarang sebaiknya lebih memperhatikan tempo dalam membawakan sebuah lagu agar tetap konsisten, membawakan lagu-lagu keroncong dengan musik keroncong dan lagu di luar keroncong yang sedang populer dengan melakukan inovasi pada aransemennya sehingga minat masyarakat untuk mendengarkan musik keroncong menjadi tinggi dan musik keroncong tetap lestari.
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:33
Last Modified: 22 Jul 2022 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50522

Actions (login required)

View Item View Item