PENGARUH REPRESENTATIVENESS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI OVERCONFIDENCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Hery Kharisma Fitri, 7311417168 (2021) PENGARUH REPRESENTATIVENESS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI OVERCONFIDENCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311417168 - Hery Kharisma Fitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Cabang ilmu keuangan keprilakuan berasumsi bahwa manusia tidak selalu berpikir rasional. Pengambilan keputusan investasi dapat dipengaruhi oleh keputusan irasional karena adanya bias psikologis yang dapat mengarahkan seseorang pada keputusan yang salah. Representativeness merupakan bias kognitif ketergantungan pada stereotipe dan mengarahkan individu untuk membuat prakiraan yang tidak sesuai dengan situasi yang tidak relevan. Bias kognitif lainnya yaitu overconfidence yang didefinisikan sebagai keyakinan yang tidak memiliki alasan penalaran intuitif, penilaian, dan kemampuan kognitif seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh representativeness terhadap keputusan investasi melalui overconfidence sebagai variabel intervening mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang berinvestasi di pasar modal. Data dalam penelitian ini didapatkan secara langsung dari responden dengan metode survey melalui kuesioner yang dibagikan secara daring oleh peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang berinvestasi di pasar modal. Penentuan sampel menggunakan rumus Purba karena jumlah populasi tidak diketahui dengan minimal sampel sebanyak 97 responden. Teknik yang digunakan yaitu convenience sampling dengan jumlah sampel akhir sebanyak 115 sampel. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling�Partial Least Square dengan alat analisis melalui SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representativeness tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi. Representativeness berpengaruh positif signifikan terhadap overconfidence. Overconfidence berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi. Overconfidence memediasi hubungan antara representativeness dan keputusan investasi positif signifikan secara full mediating. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bias psikologis representativeness tidak memengaruhi keputusan investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Sedangkan bias overconfidence secara positif signifikan memengaruhi keputusan investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Dari hasil penelitian tersebut disarankan bagi investor untuk berhati-hati dalam membuat keputusan investasi, dengan cara menganalisis secara mendalam dan bersifat objektif. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan beberapa faktor bias keperilakuan keuangan yang diklasifikasikan oleh Schulmerich (2013)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Representativeness, Overconfidence, Keputusan Investasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:19
Last Modified: 21 Jul 2022 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50519

Actions (login required)

View Item View Item