Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Sekolah Jenjang SMA di Provinsi Jawa Tengah Pada Tahun 2019 dengan Principal Component Analysis Menggunakan Software R


Aathifah Hayyu Rahmi, 4112317008 (2021) Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Sekolah Jenjang SMA di Provinsi Jawa Tengah Pada Tahun 2019 dengan Principal Component Analysis Menggunakan Software R. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of _4112317008 - Aathifah Hayyu Rahmi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada Tugas Akhir ini dilakukan analisis faktor menggunakan software R. Analisis faktor adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mencari faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antar berbagai indikator independen yang diobservasi. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data angka partisipasi sekolah jenjang SMA, angka kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka, tingkat angkatan kerja, jumlah sekolah SMA, PDRB atas dasar harga komulatif dan rata-rata besar pengeluaran biaya pendidikan sebanyak tiga puluh lima kabupaten atau kota di Jawa Tengah yang bersumber dari BPS Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui : 1)Untuk mengetahui variabel – variabel yang mempengaruhi Angka Partisipasi Sekolah Jenjang SMA di Jawa Tengah tahun 2019. 2)Untuk mengetahui variabel – variabel yang paling dominan mempengaruhi Angka Partisipasi Sekolah Jenjang SMA di Jawa Tengah tahun 2019. 3)Untuk mengetahui faktor yang terbentuk dari variabel-variabel yang mempengaruhi Angka Partisipasi Sekolah setelah dilakukan analisis faktor. Berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh bahwa semua variabel terbagi menjadi tiga kelompok faktor inti. Faktor paling dominan yang mempengaruhi Angka partisipasi sekolah jenjang SMA adalah variabel Jumlah sekolah dengan korelasi 0,98 dengan faktor yang terbentuk. Setiap komponen faktor memiliki persentase variansinya masing-masing dimana total variansi dari ketiga komponen faktor adalah sekitar 80%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor, Angka Partisipasi Sekolah, Software R, Principal Component Analysis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:06
Last Modified: 21 Jul 2022 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50517

Actions (login required)

View Item View Item