KEEFEKTIFAN KEGIATAN BERCERITA BERBANTU MEDIA GAMBAR KARYA ANAK UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DITINJAU DARI GENDER


Aisyah Nur Hidayatun, 0103516025 (2021) KEEFEKTIFAN KEGIATAN BERCERITA BERBANTU MEDIA GAMBAR KARYA ANAK UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DITINJAU DARI GENDER. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0103516025 - Aisyah Nur hidayatun.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masalah pengembangan keterampilan berbicara anak TK ditemukan banyak anak dalam mengucap kalimat saat menceritakan pengalaman atau kejadian yang dialaminya secara urut dan runtut belum berkembang dengan optimal. Ketika berbicara beberapa anak kurang mampu mengungkapkan perasaan, ide dengan pilihan kata yang sesuai ketika berkomunikasi, dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana. Anak kurang berani mengungkapkan gagasan. Dalam mengatasi hal tersebut maka dilakukan pembelajaran menggunakan kegiatan bercerita berbantu media hasil gambar anak dalam meningkatkan ketrampilan berbicara pada anak usia 5- 6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) menganalisis efektivitas penerapan kegiatan bercerita berbantu media hasil gambar anak dalam meningkatkan ketrampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun, (2) menganalisis perbedaan dalam ketrampilan berbicara anak usia 5-6 tahun antara anak laki-laki dan anak perempuan setelah diberikan treatment, (3) menganalisis interaksi antara kegiatan bercerita berbantu media gambar dan gender (antara anak laki-laki dan anak perempuan) dalam pengaruhnya terhadap peningkatan ketrampilan berbicara anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen design true experimental. Penggunaan desain ini dilakukan dengan pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan. Subjek penelitian adalah anak TK di Gugus Teratai, Gugus Nusa Indah dan Gugus Kamboja Kecamatan Candisari Kota Semarang yang berjumlah 15 orang anak kelompok eksperimen dan 15 anak kelompok kontrol. Hasil penelitian: (1) Kegiatan bercerita berbantu media hasil gambar anak memiliki keefektifan yang relatif besar dalam meningkatkan ketrampilan berbicara, (2) Ada perbedaan yang signifikan ketrampilan berbicara kelompok eksperimen anak sebelum dan sesudah pembelajaran dengan bercerita berbantu media hasil gambar anak, (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan ketrampilan berbicara pada anak laki-laki dan perempuan setelah tindakan pembelajaran menggunakan kegiatan bercerita berbantu media hasil gambar anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bercerita, Media Gambar Karya Anak, Ketrampilan Berbicara, Anak Usia Dini, Gender
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:51
Last Modified: 21 Jul 2022 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50513

Actions (login required)

View Item View Item