SURVEI KETERAMPILAN TEKNIK DASAR DAN KONDISI FISIK PADA TIM BOLABASKET PUTRA KELOMPOK USIA 16 TAHUN KLUB SEMANGAT MUDA GROBOGAN 2020


Kuswandono Nurhandhika, 6101416196 (2021) SURVEI KETERAMPILAN TEKNIK DASAR DAN KONDISI FISIK PADA TIM BOLABASKET PUTRA KELOMPOK USIA 16 TAHUN KLUB SEMANGAT MUDA GROBOGAN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101416196 - Kuswandono Nurhandhika.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan prestasi bolabasket di Grobogan relatif cukup baik jika dilihat dari kejuaraan bolabasket antar sekolah maupun klub lainnya, seperti pekan olahraga daerah SMP dan SMA serta kejuaraan daerah. Pada penilitian ini peneliti tertarik untuk mengetahui: 1) tingkat keterampilan teknik dasar dribbling, passing, dan shooting pada atlet bolabasket putra KU 16 klub semangat muda Grobogan 2) kondisi fisik pada atlet bolabasket putra KU 16 klub semangat muda Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deksrptif kuantitatif, subyek pada penelitian ini yaitu atlet bolabasket putra KU16 klub semangat muda Grobogan 2020. Pengambilan data secara total sampling dengan menggunakan metode survei teknik tes dan pengukuran. Kemudian teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif persentase dan software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: 1) hasil keterampilan teknik dasar passing rata-rata diperoleh skor 23,67, hasil keterampilan teknik dasar dribbling rata-rata diperoleh skor 23,30, bahwa hasil keterampilan teknik dasar shooting rata-rata diperoleh skor 15,63. 2) hasil keterampilan teknik dasar kecepatan (sprint 60m) rata-rata diperoleh skor 3,33, hasil keterampilan teknik dasar kekuatan otot lengan (pull up) rata-rata diperoleh skor 3,30, hasil keterampilan kondisi fisik kekuatan otot perut (sit up) rata-rata diperoleh skor 4,47, keterampilan teknik kondisi fisik kekuatan otot tungkai (vertical jump) diperoleh skor 2,70. hasil keterampilan kondisi fisik daya tahan aerobik (lari jarak sedang 1200m) rata-rata diperoleh skor 3,17. Simpulan dari penelitian ini bahwa: 1) keseluruhan keterampilan teknik dasar (passing, dribbling dan shooting) pada atlet bolabasket putra KU 16 klub semangat muda Grobogan 2020 dalam kategori sedang, yang dimasukan dalam norma tes keterampilan bermain bolabasket SLTA putra. 2) Keseluruhan keterampilan kondisi fisik kecepatan (sprint 60m), kekuatan otot lengan (pull up), kekuatan otot perut (sit up), kekuatan otot tungkai (vertical jump) dan daya tahan aerobik (lari jarak sedang 1200m) pada atlet bolabasket putra KU 16 klub semangat muda Grobogan 2020 dalam kategori sedang, yang dimasukan dalam norma tes keterampilan kondisi fisik. Saran yang diberikan peneliti yaitu: 1) Bagi pelatih klub semangat muda Grobogan, pelatih merencanakan program latihan yang sesuai dengan perkembangan atlet untuk meningkatkan keterampilan pada atlet. 2) Bagi atlet klub semangat muda Grobogan untuk terus meningkatkan latihan baik dalam klub maupun menambah jam berlatih di luar jadwal latihan pada klub semangat muda Grobogan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, teknik, fisik, bolabasket.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:33
Last Modified: 21 Jul 2022 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50506

Actions (login required)

View Item View Item