PENGARUH TINGKAT LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU IPS DI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS


Gagat Triawang, 3201417051 (2021) PENGARUH TINGKAT LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU IPS DI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201417051 - Gagat Triawang.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan media yang tepat merupakan salah satu tugas guru dalam mengajar. Pemilihan media pembelajaran yang baik harus diperhatikan salah satunya dari kemampuan guru dalam berliterasi digital guna mengikuti perkembangan zaman sekarang yang serba digital. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui tingkat literasi digital guru, kedua untuk menganalisis strategi guru dalam pemilihan media pembelajaran, dan ketiga menguji pengaruh tingkat literasi digital terhadap strategi guru dalam pemilihan media pembelajaran IPS di Kecamatan Ajibarang. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif korelasional. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan teknik analisis regresi linier sederhana. Adapun responden dalam penelitian ini adalah guru IPS di Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, dengan jumlah 22 orang yang tersebar di 11 SMP di Kecamatan Ajibarang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat literasi yang dimiliki guru IPS dengan rerata sebesar 82,3 atau sebesar 73,5% dan masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk strategi yang dimiliki guru dalam pemilihan media pembelajaran IPS dengan rerata sebesar 10,4 atau sebesar 61% dan masuk dalam kategori yang bagus untuk strateginya. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antar variabelnya menghasilkan persamaan regresi Y = 0,553 + 0,119X. Dari pengujian hipotesis menunjukan bahwa uji T dengan nilai T hitung 2,641 > 2,086 untuk T tabel. Uji F menunjukan bahwa F hitung sebesar 6,975 > 3,47 untuk nilai F tabel. Berdasarkan hasil Uji T dan Uji F menunjukan bahwa hipotesis dari penelitian ini Ho ditolak dan Ha Diterima. Dengan arti lain terdapat pengaruh antara tingkat literasi digital yang dimiliki guru terhadap pemilihan media pembelajaran IPS di Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Saran dari penelitian ini bahwa guru dengan nilai literasi dan strategi yang masih rendah maka bisa melatih kemampuan berliterasi digital yang lebih mendalam dengan mengikuti pelatihan – pelatihan yang diselengarakan oleh pemerintah secara online. Serta pelatihan yang ditingkatkan lagi dalam strategi pemilihan media supaya menjadikan dirinya guru yang kompeten di bidang pendidikan. Dengan begitu seorang guru dapat memaksimalkan kemampuan yang dimiliki

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Pemilihan Media Pembelajaran, Guru IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > teacher competence
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:56
Last Modified: 21 Jul 2022 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50499

Actions (login required)

View Item View Item