PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MABAR BERBASIS EDUKASI MITIGASI BENCANA BANJIR ROB TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA DI SMA NEGERI 2 PEKALONGAN


Hilma Mutiarti, 3201416031 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MABAR BERBASIS EDUKASI MITIGASI BENCANA BANJIR ROB TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA DI SMA NEGERI 2 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201416031 - Hilma Mutiarti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sangat penting bagi siswa untuk memahami pembelajaran dan mempermudah siswa untuk menyerap informasi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik, namun di SMA Negeri 2 Pekalongan media pembelajaran untuk edukasi mitigasi bencana banjir rob dalam proses pembelajaran belum diterapkan. Adanya masalah tersebut perlu adanya media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran terkait dengan edukasi mitigasi bencana banjir rob. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran game MABAR berbasis mitigasi bencana banjir rob terhadap kesiapsiagaan siswa di SMA Negeri 2 Pekalongan, untuk mengetahui proses pembelajaran pada materi mitigasi bencana banjir rob dengan menggunakan media pembelajaran game MABAR dan untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana banjir robdi SMA Negeri 2 Pekalongan. Objek penelitian meliputi SMA Negeri 2 Pekalongan dengan sampel yaitu Kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 yang berjumlah 68 siswa. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode campuran dengan desain penelitian yaitu true eksperimental design. Metode pengumpulan data berupa: metode wawancara, metode observasi, metode tes, metode kuesioner/angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, analisis deskriptif persentase dan analisis model interaktif. Hasil menunjukkan tingkat kesiapsiagaan siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran game MABAR dalam proses pembelajaran materi mitigasi bencana banjir rob. Tingkat kesiapsiagaan siswa kelas eksperimen yang diberikan treatment, memiliki kriteria tingkat kesiapsiagaan sangat tinggi yaitu 87% dengan nilai rata-rata post�test sebesar 87,1 dan tingkat kesiapsiagaan siswa kelas kontrol yang tidak diberikan treatment memiliki kriteria tingkat kesiapsiagaan tinggi 77% dengan nilai rata-rata post-test sebesar 79,2 serta hasil kuesioner menunjukkan media tersebut. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran game MABAR dalam terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana banjir rob menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan penggunaan media pembelajaran game MABAR edukasi mitigasi bencana banjir rob dapat diterapkan dan dikembangkan guna meningkatkan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana banjir rob

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Mitigasi Bencana Banjir Rob
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:46
Last Modified: 21 Jul 2022 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50497

Actions (login required)

View Item View Item