PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG


Rani Melinda, 3101417069 (2021) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101417069 - Rani Melinda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Whatsapp dalam pembelajaran sejarah secara daring materi pendudukan Jepang di Indonesia di SMA Kesatrian 1 Semarang, mengetahui hambatan yang ditemui guru dan siswa dalam pembelajaran sejarah secara daring dalam menggunakan aplikasi Whatsapp, mengetahui dampak positif serta dampak negatif bagi guru dan siswa dari pembelajaran sejarah secara daring dalam menggunakan aplikasi Whatsapp. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Lokasi penelitian ini di SMA Kesatrian 1 Semarang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, observasi dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan kajian dokumen. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahap meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Guru sejarah dan siswa kelas XI IPS memanfaatkan aplikasi Whatsapp dalam pembelajaran sejarah secara daring materi pendudukan Jepang di Indonesia seperti, mengadakan diskusi didalam Whatsapp Group, mengirimkan file materi, kooordinasi dengan siswa dan orang tua siswa (2) Guru sejarah dan siswa menemukan hambatan dalam proses pembelajaran sejarah secara daring menggunakan aplikasi Whatsapp yaitu jaringan yang tidak stabil, guru kesulitan dalam membuat media pembelajaran dan siswa sulit memahami materi yang diberikan guru, (3) Guru dan siswa merasakan dampak positif yaitu penggunaan aplikasi Whatsapp tidak mengeluarkan kuota terlalu banyak, serta memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan dampak negatifnya yaitu banyak siswa yang tidak memahami materi yang diberikan oleh guru. Kesimpulan dari penelitian ini guru dan siswa kelas XI IPS di SMA Kesatrian 1 Semarang memanfaatkan aplikasi Whatsapp dalam pembelajaran sejarah secara daring, selain itu guru dan siswa menemukan hambatan serta dampak positif dan negatif dari pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi Whatsapp. Pada pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi Whatsapp guru harus lebih inovatif dalam menyajikan dan membuat media yang menarik, sehingga proses pembelajaran tidak terkesan monoton.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Pembelajaran sejarah, pembelajaran daring, aplikasi Whatsapp
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D731 World War II
D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:24
Last Modified: 21 Jul 2022 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50495

Actions (login required)

View Item View Item