EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS X DI SMA NEGERI 2 UNGARAN


Ruth Fumiko, 2301417031 (2021) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS X DI SMA NEGERI 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301417031 - Ruth Fumiko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan membaca adalah salah satu dari empat keterampilan yang harus dikuasai dalam bahasa Prancis. Menguasai keterampilan membaca dalam bahasa Prancis tidaklah mudah dan keterampilan ini sering muncul dalam ujian siswa. Berdasarkan observasi, siswa kelas X SMA Negeri 2 Ungaran tidak menggunakan media permainan untuk belajar keterampilan membaca bahasa Prancis. Guru menggunakan buku dan sumber tertulis lainnya untuk mengajar. Siswa berdiskusi ketika mereka belajar dengan guru. Media yang dapat membantu siswa untuk belajar mandiri di rumah adalah media permainan ular tangga berbasis Adobe Flash CS6. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media permainan ular tangga berbasis Adobe Flash CS6 terhadap pemahaman membaca siswa kelas X di SMA Negeri 2 Ungaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Ungaran yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Dari hasil uji-t, didapati t-hitung sebesar -4,4503 dan t-tabel sebesar - 1,6736. H0 ditolak apabila -t tabel < t hitung < t tabel . Dari perhitungan, - 4,4503 tidak berada di antara 1,6736 dan -1,6736, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test dalam kategori “sedang”. Rata-rata dari pre�test adalah 49,60 dan dari post-test 60,25, dengan hasil test effect size sebesar 0,57 termasuk dalam kategori “sedang”. Media permainan ular tangga dalam Adobe Flash CS6 efektif dalam keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 2 Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, permainan ular tangga, efektivitas
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:04
Last Modified: 21 Jul 2022 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50493

Actions (login required)

View Item View Item