ANALISIS BENTUK DAN PESAN MORAL DALAM LAGU CREATOR BASILLICA KARYA GRUP BAND CRUCIFIXION SEMARANG


Ilyasa Ramadhan, 2501416017 (2021) ANALISIS BENTUK DAN PESAN MORAL DALAM LAGU CREATOR BASILLICA KARYA GRUP BAND CRUCIFIXION SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS BENTUK DAN PESAN MORAL DALAM LAGU CREATOR BASILLICA KARYA GRUP BAND CRUCIFIXION SEMARANG] PDF (ANALISIS BENTUK DAN PESAN MORAL DALAM LAGU CREATOR BASILLICA KARYA GRUP BAND CRUCIFIXION SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Di zaman modern seperti ini banyak sekali jenis-jenis musik yang bermunculan, walaupun penikmat musik tersebut memiliki selera musik yang berbeda jenisnya. Di Indonesia musik berkembang dengan mengikuti selera masyarakat agar musik tersebut memiliki daya tarik tersendiri dan memberikan nuansa baru dikancah industri musik Indonesia. Salah satunya adalah musik metal, Seiring berjalannya waktu musik metal berkembang sangat pesat, perkembangan tersebut mengakibatkan munculnya warna – warna baru dalam musik metal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimanakah bentuk lagu dan pesan moral dalam lagu Creator Basilica Karya Grup Band Crucifixion Semarang Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif yang dilengkapi dengan prosedur penelitian kualitatif, Sasaran dalam penelitian ini adalah lagu Creator Basilica karya grup band Crucifixion Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lagu creator basilica merupakan lagu dengan bentuk 9 bagian A-B-C-D-E-F-G-H-E’, lagu creator basillica menggunakan tempo allegro atau 146 MM. Nada dasar yang digunakan pada lagu Creator Basilica menggunakan nada 1 kres dan 5 lima kres. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis lagu Creator Basilica kepada pendengar adalah bahwa penulis ingin mengajak masyarakat muslim untuk untuk senantiasa beribadah dan selalu mengingat akan kuasa Allah SWT. karena sesungguhnya Allah melaknat orang-orang yang lalai kepada-Nya dan berprasangka buruk kepada Allah SWT. Simpulan dari penelitian ini adalah lagu dengan bentuk 9 bagian A-B-C-D-EF-G-H-E’, lagu creator basillica menggunakan tempo allegro atau 146 MM. Nada dasar yang digunakan pada lagu Creator Basilica menggunakan nada 1 kres dan 5 lima kres. Lagu Creator Basilica bercerita tentang sejarah perjuangan umat muslim pada masa ke pemimpinan khalifah besar Bani Utsmani ke-7 ( Muhammad Al-Fatih ) dalam meruntuhkan dan merebut kembali kekuasan benteng Konstantinopel, Pesan moral yang ingin disampaikan penulis lagu Creator Basilica kepada pendengar adalah bahwa penulis ingin mengajak masyarakat muslim untuk untuk senantiasa beribadah dan selalu mengingat akan kuasa Allah SWT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, bentuk lagu
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:05
Last Modified: 21 Jul 2022 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50489

Actions (login required)

View Item View Item