PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, PERGANTIAN MANAJEMEN, OPINI AUDIT, AUDIT FEE DAN AUDIT REPORT LAG TERHADAP AUDITOR SWITCHING (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)


M. Alex Jawahirul Rosid, 7211416113 (2021) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, PERGANTIAN MANAJEMEN, OPINI AUDIT, AUDIT FEE DAN AUDIT REPORT LAG TERHADAP AUDITOR SWITCHING (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of - M Alex Jawahirul Rosid.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Auditor Switching adalah fenomena pergantian Kantor Akuntan Publik (KAP) yang dilakukan oleh perusahaan. Adanya laporan keuangan dimaksudkan untuk membantu mengkomunikasikan kondisi perusahaan kepada investor, pemegang saham dan publik. laporan keuangan harus memiliki informasi yang andal dan relevan dengan kinerja perusahaan sehingga memerlukan pendapat dari seoarang auditor eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh financial distress, pergantian manajemen, opini audit, audit fee, dan audit report lag. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan jasa non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2016 sampai 2019 berjumlah 325 perusahaan. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan menghasilkan 65 perusahaan yang terpilih sebagai sampel dengan total 260 unit analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan dan menggunakan teknik dokumenter untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik, serta pengujian hipotesisnya menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial distress, pergantian manajemen, audit fee, dan audit report lag berpengaruh positif terhadap auditor switching, opini audit berpengaruh negatif terhadap auditor switching. Financial distress, pergantian manajemen, opini audit, audit fee, audit report lag secara simultan berpengaruh terhadap auditor switching. Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat menambahkan objek perusahaan jasa keuangan agar memperluas lingkup penelitian. Dalam hal pengukuran variabel financial distress dapat menggunakan metode yang lain sebagai bahan perbandingan. Variabel auditor switching dapat menggunakan 4 kategori yaitu samegrade, upgrade, downgrade, dan non switch.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Pergantian Manajemen, Opini Audit, Audit Fee, Audit Report Lag, Auditor Switching.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:03
Last Modified: 20 Jul 2022 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50480

Actions (login required)

View Item View Item