PENGARUH PERHATIAN GURU DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL


Sofni Nurbaeti, 1401416025 (2021) PENGARUH PERHATIAN GURU DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416025 - sofni nurbaeti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa. Pencapaian hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya perhatian guru dan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi pengaruh perhatian guru dan minat baca siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Se-Gugus Kartini Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik probability sampling tipe proportionate stratified random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan tergolong rendah perhatian guru terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Se�Gugus Kartini Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal, dengan perolehan nilai thitung > ttabel (5,452 > 1,975) dan pengaruh sebesar 16%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Se-Gugus Kartini Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal, dengan perolehan nilai thitung > ttabel (3,183 > 1,975) dan pengaruh sebesar 8,5%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian guru dan minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Se-Gugus Kartini Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal, dengan perolehan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 17,043> 3,056 dan pengaruh sebesar 18%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perhatian guru dan minat baca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Se-Gugus Kartini Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Perhatian Guru, Minat Baca
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:48
Last Modified: 20 Jul 2022 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50479

Actions (login required)

View Item View Item