METODE OUTDOOR LEARNING DALAM MENGGAMBAR BENTUK BERBASIS PANDUAN KINERJA SISWA
Endang Susilaningsih, - (2016) METODE OUTDOOR LEARNING DALAM MENGGAMBAR BENTUK BERBASIS PANDUAN KINERJA SISWA. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 5 (1). pp. 57-63. ISSN P-ISSN 2252-6420 E-ISSN 2503-1732
PDF (Artikel)
- Published Version
Download (292kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku panduan guru penilaian kinerja siswa menggambar bentuk yang valid, reliabel, dan praktis. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Pengecekan keabsahan data kualitatif dengan triangulasi data. Pengumpulan data kuantitatif diperoleh dengan menguji validitas dan reliabilitas. Validasi isi dengan metode expert judgement, pengujian reliabilitas menggunakan interrater reliability berbantuan program Genova. Model pengembangan mengacu pada model Borg and Gall, yang dibatasi sampai langkah ke-9. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Buku panduan guru valid secara isi dengan persentase 80,73% dan reliabel dengan nilai koefisien reliabilitas (r) 0,82 untuk aspek psikomotorik serta 0,72 untuk aspek afektif siswa. Hasil belajar psikomotorik siswa mencapai ketuntasan belajar, kelas VII B terdapat 30 siswa dari 34 siswa memperoleh nilai ≥75, kelas VII E terdapat 31 siswa dari 34 siswa memperoleh nilai ≥75, dan kelas VII F terdapat 32 siswa dari 34 siswa memperoleh nilai ≥75. Hasil angket respon siswa dan guru menunjukkan buku panduan guru dalam kategori praktis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | outdoor learning methode, still life drawing, |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:41 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50473 |
Actions (login required)
View Item |