PERANCANGAN DAN ANALISIS SIMULASI KEKUATAN IMPACT PADA BAGIAN BAWAH TANGKI MOBIL DESA 45 LITER MENGGUNAKAN SOFTWARE INVENTOR 2020


Mochamad Jufri Santoso, 5212416043 (2021) PERANCANGAN DAN ANALISIS SIMULASI KEKUATAN IMPACT PADA BAGIAN BAWAH TANGKI MOBIL DESA 45 LITER MENGGUNAKAN SOFTWARE INVENTOR 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of - Jufri santoso.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tangki mobil desa UNNES yang berfungsi untuk penyimpanan bahan bakar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis simulasi kekuatan Impact pada bagian bawah tangki mobil desa yang meliputi hasil von mises stress, Displacement dan nilai safety factor. Jenis metode perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis perancangan french menggunakan software Autodesk Inventor 2020 karena mampu menyelesaikan varian yang akan mengevaluasi suatu rancangan pada analisis masalah yang meliputi hasil simulasi von mises stress, Displacement dan nilai Safety Factor. Hasil analisis pada bagian bawah tangki mobil desa yang berupa hasil maksimum von mises stress dan displacement menunjukan semakin besar ukuran ketebalan plat material yang digunakan maka nilai von mises stress dan displacement menurun. Hasil dari safety factor dari variasi ukuran menggambarkan semakin besar ukuran dan ketebalan plat material berbanding lurus dengan nilai safety factor yang digunakan. Nilai von mises stress berpengaruh terhadap hasil dari safety factor, desain yang menunjukan aman terdapat pada desain dengan ketebalan plat 1,2mm dan 1,5mm dengan nilai rata-rata diatas 1.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tangki mobil, perancangan french, analisis stress, inventor 2020.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:25
Last Modified: 20 Jul 2022 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50468

Actions (login required)

View Item View Item