Analisis Ranah Kognitif Keterampilan Menulis Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Buku Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Kelas XII


Fatimatus Zahro, 2303417047 (2021) Analisis Ranah Kognitif Keterampilan Menulis Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Buku Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Kelas XII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of - Fatimatus Zahro.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada pembelajaran abad ke-21 keterampilan berpikir tingkat tinggi menjadi salah satu keterampilan belajar yang harus dimiliki peserta didik agar dapat mengambil keputusan secara tepat dan terampil dalam memecahkan masalah. Pada pembelajaran kurikulum 2013 pun peserta didik diwajibkan memiliki keterampilan berpikir kritis hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016. Untuk dapat mengetahui keterampilan berpikir pada sebuah pembelajaran, perlu di adakannya analisis buku/modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan dan variasi HOTS pada keterampilan menulis buku bahasa Arab Kelas XII. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini merupakan kumpulan soal menulis yang ada di buku peserta didik bahasa Arab pendekatan saintifik kurikulum 2013. Sedangkan sumber data menggunakan data primer berupa buku bahasa Arab kelas 12. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik dokumentasi sehingga ditemukan sebanyak 175 soal menulis yang akan di analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis pada buku bahasa Arab kelas XII di dominasi oleh tingkat LOTS dengan presentase 77% dan frekuensi 135 soal. Sedangkan soal yang termasuk pada level HOTS memiliki presentase 23% dengan frekeunsi 41 soal. Dari 41 soal tersebut, kategori HOTS di dominasi oleh level mengenalisis (c4) dengan jumlah 36 soal, level mengevaluasi (c5) 0 soal, dan level mencipta terdapat 5 soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HOTS, Berpikir Kritis, Ranah Kognitif, Menulis.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:00
Last Modified: 20 Jul 2022 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50460

Actions (login required)

View Item View Item