IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA SISWA SMP NEGERI 2 JEPARA


Fahriza Adi Nugroho, 6211414078 (2021) IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA SISWA SMP NEGERI 2 JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA SISWA SMP NEGERI 2 JEPARA] PDF (IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA SISWA SMP NEGERI 2 JEPARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelusuran bakat sebagai tahapan penting dalam sistem pembinaan olahraga nasional dan merupakan sebuah langkah awal untuk menemukan bibit atlet unggul yang kemudian akan dibina dan dikembangkan untuk mencapai prestasi optimal. Ranah yang paling mudah untuk menerapkan pengidentifikasian bakat dan menemukan atlet berbakat adalah pada siswa di lingkungan sekolah yaitu siswa pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) atau awal Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun pada kenyataanya di SMP Negeri 2 Jepara, pengidentifikasian bakat belum secara luas diterapkan di masyarakat, khususnya di sekolah dan akibatnya siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau masuk ke klub olahraga tertentu tanpa mengetahui bakat apa yang sebenarnya dimiliki. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil tes pemanduan bakat olahraga Sport Search pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jepara. Diharapkan dengan pengidentifikasian bakat olahraga, siswa dapat mengetahui bakat yang dimiliki dan kemudian diarahkan pada sentra/klub pembinaan olahraga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel bertujuan, berjumlah 60 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes pemanduan bakat Sport Search yang terdiri dari pengukuran tinggi badan, berat badan, tinggi duduk, rentang lengan, tes lempar tangkap bola tenis, tes lempar bola basket, tes loncat tegak, tes lari kelincahan, tes lari 40 meter, dan multistage fitness test. Data hasil tes dianalisis secara manual kemudian dibantu dengan bantuan aplikasi microsoft office excel dalam pengetikan dan penghitungan. Hasil penelitian survei penelusuran bakat menggunakan tes dan pengukuran dengan metode sport search di SMP Negeri 2 Jepara dari jumlah 60 siswa, 2 siswa (3.3%) berbakat tolak peluru, 10 siswa (16.7%) berbakat bulu tangkis, 5 siswa (8.3%) berbakat taekwondo, 8 siswa (13.3%) berbakat renang, 3 siswa (5.0%) berbakat sepeda, 2 siswa (3.3%) berbakat pencak silat, 10 siswa (16.7%) berbakat sepak bola, 5 siswa (8.3%) berbakat bola voli, 2 siswa (3.3%) berbakat hoki, 2 siswa (3.3%) berbakat anggar, 3 siswa (5.0%) berbakat takraw, 3 siswa (5.0%) berbakat lompat jauh, 3 siswa (5.0%) berbakat lari jarak jauh dan 2 siswa (3.3%) berbakat lari cepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, penelusuran bakat
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:08
Last Modified: 19 Jul 2022 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50451

Actions (login required)

View Item View Item