KEGIATAN HORTIKULTURA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS KELOMPOK B TK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KURUNG KABUPATEN KLATEN


Mutiara Devi Maris, 1601414089 (2021) KEGIATAN HORTIKULTURA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS KELOMPOK B TK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KURUNG KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEGIATAN HORTIKULTURA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS KELOMPOK B TK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KURUNG KABUPATEN KLATEN] PDF (KEGIATAN HORTIKULTURA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS KELOMPOK B TK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KURUNG KABUPATEN KLATEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada data yang diperoleh dari studi pendahuluan yang dilakukan oleh penliti pada kelompok B di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Klaten. Data yang berdasarkan fakta tersebut menunjukkan bahwa anak memiliki kecerdasan naturalis kurang baik. Hal ini mendorong peneliti untuk meningkatkan kecerdasan naturalis kelompok B di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Klaten yang awalnya kurang baik menjadi lebih baik dengan menerapkan kegiatan Hortikultura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang penerapan kegiatan hortikultura untuk meningkatkan kecerdasan naturalis kelompok B di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Klaten. Jenis pene;litian yang digunakan adalah penelitian ekperimen (eksperimental research). Populasi dalam dalam penelitian ini adalah kelompok B ( anak usia 5-6 tahun) di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Klaten. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling (sampel bertujuan). Sampel dalam penelitian adalah 29 anak dengan kategori tingkat kecerdasan sangat rendah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kecerdasan naturalis dengan jumlah 21 item valid yang sebelumnya telah diuji cobakan sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Sedangkan analisis data yaitu diskriptif dan uji hipotesis dengan uji paired sample T-test Tingkat kecerdasan naturalis anak sebelum diterapkan kegiatan hortikultura termasuk dalam kategori rendah, dan setelah diterapkan kegiatan hortikultura tingkat kecerdasan naturalis anak menjadi tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sampel T-test diperoleh nilai t-hitung kegiatan hortikultura untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak adalah 6,042 dengan probabilitas (sig.) 0,000. Hasil uji didapat nilai –t hitung ˂ -t tabel atau t hitung ˃ t tabel (-6,042 ˂ - 2,048 atau 6,042 ˃ 2,048), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan signifikan pada kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan kegiatan hortikultura. Hasil nilai rata-rata (mean) kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah diterapkan kegiatan hortikultura terdapat perbedaan yaitu dari 42,45 setelah diberi perlakuan menjadi 60,00.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kegiatan hortikultura, kecerdasan naturalis, kelompok B
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:47
Last Modified: 19 Jul 2022 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50448

Actions (login required)

View Item View Item