“MAMPUKAH AKU BERADAPTASI?” (STUDI FENOMENOLOGI PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA YANG MENGALAMI RESIDENTIAL MOBILITY)


Ravellia Ayu Rizky, 1511417045 (2021) “MAMPUKAH AKU BERADAPTASI?” (STUDI FENOMENOLOGI PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA YANG MENGALAMI RESIDENTIAL MOBILITY). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “MAMPUKAH AKU BERADAPTASI?” (STUDI FENOMENOLOGI PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA YANG MENGALAMI RESIDENTIAL MOBILITY)] PDF (“MAMPUKAH AKU BERADAPTASI?” (STUDI FENOMENOLOGI PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA YANG MENGALAMI RESIDENTIAL MOBILITY)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Manusia merupakan makhluk yang akan selalu bertemu dengan manusia lainnya selama kehidupannya. Tak jarang pertemuan tersebut akan memunculkan konflik karena perbedaan pada masing-masing individu. Penyesuaian merupakan hal yang penting bagi manusia agar dapat meredakan perbedaan-perbedaan yang ada. Bagi individu yang memiliki kehidupan yang berpindah-pindah (residential mobility) tentu akan lebih sering menemukan individu yang berbeda, maka penyesuaian merupakan kunci mencapai kesejahteraan bahkan aspek lain dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian sosial pada remaja yang sering mengalami residential mobility. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ialah remaja yang mengalami residential mobility. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan reduksi data, penyajian data dan memberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing narasumber mampu mencapai penyesuaian sosial yang baik. Masing-masing narasumber mampu menghargai perbedaan, bergaul dengan orang lain, memiliki simpati terhadap orang lain, menolong orang lain dan menghormati aturan. Sedangkan tema khusus yang ditemukan ialah pola asuh, dampak perpindahan, akademik yang baik, memiliki rasa tanggungjawab, karakteristik teman, adaptif dan memiliki kebebasan melakukan sesuatu. Selain itu ditemukan juga dinamika penyesuaian sosial yang mengarah pada pemaknaan bahwa perpindahan membuat mereka menjadi lebih adaptif. Dinamika di awali dengan perpindahan yang bukan kehendak diri sendiri dengan frekuensi banyak, kemudian menemukan tantangan perbedaan individu, bahasa, konflik-konflik, lingkungan individualis, hubungan dengan keluarga dan kepribadian yang berbeda-beda kemudian muncul coping stress dan problem solving yang memunculkan makna bahwa perpindahan menjadikan mereka lebih adaptif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Sosial, Remaja, Residential Mobility
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:41
Last Modified: 19 Jul 2022 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50445

Actions (login required)

View Item View Item