HUBUNGAN ANTARA INTIMATE FRIENDSHIP DAN LONELINESS PADA DEWASA AWAL LAJANG DI KOTA SEMARANG


naya Fauzia Zahra Adisti, 1511414116 (2021) HUBUNGAN ANTARA INTIMATE FRIENDSHIP DAN LONELINESS PADA DEWASA AWAL LAJANG DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA INTIMATE FRIENDSHIP DAN LONELINESS PADA DEWASA AWAL LAJANG DI KOTA SEMARANG] PDF (HUBUNGAN ANTARA INTIMATE FRIENDSHIP DAN LONELINESS PADA DEWASA AWAL LAJANG DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Menurut Erickson, individu dewasa awal memasuki tahap perkembangan intimacy vs isolation. Pada tahap ini individu diharapkan untuk dapat membangun relasi akrab dengan orang lain yang jika individu tersebut berhasil melaluinya maka individu tersebut mencapai tahap Intimacy atau keakraban, jika tidak maka individu tersebut akan merakan isolation yang kemudian dapat berkembang menjadi loneliness. Individu dewasa awal juga diharapkan mampu mencari kelompok sosial yang menyenangkan dan mampu membangun keakraban dengan orang lain. Pada dewasa awal ini, individu juga memiliki tugas untuk menjalin hubungan romantis, sedangkan pada kenyataannya masih banyak individu usia dewasa awal yang masih melajang. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara intimate friendship dengan loneliness pada dewasa awal lajang. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian yang merupakan masyarakat kota Semarang yang memasuki usia dewasa awal berjumlah 350 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelititan ini adalah skala intimate friendship Sharabany dan UCLA Loneliness verse 3 yang telah dikembangkan oleh peneliti. Teknik uji validitas menggunakan uji regresi dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach dengan bantuan software pengolah data. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Spearmen rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intimate friendship dan loneliness pada dewasa awal dalam kategori sedang. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa nilai r = -0,275 dengan p = 0.00 (p < 0.05) yang artinya ada hubungan negatif antara intimate friendship dengan loneliness pada dewasa awal lajang di kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intimate Friendship, Loneliness, Dewasa Awal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:12
Last Modified: 19 Jul 2022 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50436

Actions (login required)

View Item View Item