Efektivitas Personal Selling Dan Sales Promotion Dengan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian KonsumenKONSUMEN


Siti Nuzulia, - (2014) Efektivitas Personal Selling Dan Sales Promotion Dengan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian KonsumenKONSUMEN. Journal of Social and Industrial Psychology. pp. 41-47. ISSN 2252-6838

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel) - Published Version
Download (255kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas metode promosi personal selling dan sales promotion berupa sampel produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini melibatkan 80 orang responden mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang didapatkan melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian ini merupakan desain kuasi eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil bahwa sebanyak 19 (47,5%) responden memutuskan untuk membeli melalui personal selling, sedangkan sebanyak 27 (67,5%) responden memutuskan untuk membeli melalui pemberian sampel produk. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini pemberian sampel produk lebih efektif dalam mendorong terjadinya keputusan pembelian responden.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: consumen purchase decisions, personal selling and product sample.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:39
Last Modified: 03 Aug 2022 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50426

Actions (login required)

View Item View Item