PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL PADA MATERI EKOSISTEM


Annisaa Nurjannah, 4401413072 (2020) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL PADA MATERI EKOSISTEM. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 4401413072 - Annisaa Nurjannah(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, LKPD yang digunakan di SMA N 11 Semarang hanya berisi rangkuman isi materi dan soal-soal sehingga kegiatan yang disajikan kurang memfasilitasi siswa. Di samping itu, pembelajaran belum merangsang siswa untuk memecahkan permasalahan yang nyata. Pembelajaran cenderung hapalan dan tekstual. Implementasi LKPD berbasis PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta membimbing siswa ke arah pengembangan konsep melalui informasi dan petunjuk-petunjuk tugas pembelajaran untuk melakukan penyelidikan atau pemecahan masalah, siswa aktif dalam pembelajaran, dan pembelajaran yang berlangsung secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, uji keterbacaan, dan efektivitas LKPD berbasis PBL pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 11 Semarang dengan rancangan penelitian Research & Development (R&D). Langkah penelitian meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala besar, revisi produk, produk final. Uji coba skala kecil dilakukan pada 10 siswa kelas XII MIPA 5 dan satu guru biologi. Uji coba skala besar dilakukan pada 36 siswa kelas X MIPA 6 secara daring dengan menggunakan pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. LKPD berbasis PBL merupakan bahan ajar cetak dengan ukuran kertas A4, dipadukan dengan gambar, ilustrasi dan warna yang menarik, berisi permasalahan-permasalahan nyata di sekitar siswa seperti eutrofikasi Rawa Pening dan erupsi Gunung Merapi, dan memuat sintaks�sintaks PBL menurut Arends (2012). Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan guru biologi memperoleh kriteria sangat valid. Guru dan siswa memberikan tanggapan yang sangat baik pada uji keterbacaan uji coba skala kecil. Ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan sebesar 86,11% dengan peningkatan pemahaman konsep siswa kategori sedang. Hasil penilaian kompetensi keterampilan siswa memperoleh kriteria baik dan sangat baik. Siswa memberikan tanggapan sangat baik dalam uji coba skala besar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan LKPD berbasis PBL pada materi ekosistem layak dan efektif digunakan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, materi ekosistem, PBL, pengembangan.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:43
Last Modified: 19 Jul 2022 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50417

Actions (login required)

View Item View Item