IMPLEMENTASI PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN DARING SEJARAH INDONESIA MATERI MASA ISLAM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Akilatul Azizah, 3101417053 (2021) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN DARING SEJARAH INDONESIA MATERI MASA ISLAM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417053 - Akilatul Azizah(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung mengakibatkan terjadinya perubahan sistem pembelajaran di Indonesia. Pelaksanaan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka di sekolah harus berganti menjadi pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran, salah satunya yaitu Google Meet. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi masa Islam di kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu a) mengetahui upaya dan strategi guru dalam menerapkan pembelajaran daring Sejarah Indonesia masa Islam yang optimal melalui aplikasi Google Meet, b) mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran Sejarah Indonesia masa Islam dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet, dan c) mengetahui tanggapan siswa mengenai penerapan sistem pembelajaran daring sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Google Meet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus di SMA Negeri 11 Semarang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, dokumen, dan aktivitas. Pada penelitian ini informannya yaitu guru dan siswa kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu 1) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan pemanfaatan aplikasi Google Meet pada Sejarah Indonesia materi masa Islam dilakukan dengan mengoptimalkan penerapan model, metode, dan media pembelajaran, 2) Kendala dalam pembelajaran daring sejarah Indonesia masa islam yang dilaksanakan melalui aplikasi Google Meet terletak pada akses jaringan internet yang sering mengalami gangguan atau tidak stabil, 3) Tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran daring Sejarah Indonesia masa Islam melalui aplikasi Google Meet lebih baik daripada menggunakan aplikasi lain sebelum Google Meet. The current Covid-19 pandemic has resulted in changes in the learning system in Indonesia. The implementation of learning that was originally face-to�face in schools now has to change to online learning by using applications which as Google Meet. This research was conducted on the subject of Indonesian History during the Islamic Period in 10th grade SMA Negeri 11 Semarang. The aims of this study are a) To determine the efforts and strategies of teachers in optimally implementing online learning of Indonesian History during the Islamic Period through Google Meet, b) To discover the challenges faced by teachers in learning Indonesian History during the Islamic Period by utilizing the Google Meet, and c) To find out student responses regarding the application of an online learning system before and after using the Google Meet application. This study used a qualitative study approach and the sources of data were participants, documents, and activities at SMA Negeri 11 Semarang. The participants were teachers and students of 10th grade SMA Negeri 11 Semarang. Data collection was done through observation, interview, and document review techniques. The data validity test used source triangulation and technique triangulation. Data analysis was carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The data showed that: 1) Strategies undertook by teachers in implementing the use of Google Meet in Indonesian History during the Islamic Period was done by optimizing the application of models, methods, and media, 2) The problem in studying through Google Meet internet is network access which is often trouble or unstable, 3) Student responses regarding the implementation of online learning through the Google Meet are better than using other applications before Google Meet

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Google Meet, Pembelajaran Daring, Sejarah Indonesia Masa Islam. Utilization of Google Meet, Online Learning, Indonesian History during the Islamic Period.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:48
Last Modified: 19 Jul 2022 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50410

Actions (login required)

View Item View Item