UPAYA MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN NGAREN KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19


Winda Khoirunnisa, 1401417194 (2021) UPAYA MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN NGAREN KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN NGAREN KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19] PDF (UPAYA MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN NGAREN KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SDN Ngaren Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung yaitu rendahnya nilai karakter disiplin siswa. Penelitian ini memfokuskan masalah mengenai upaya dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin siswa kelas IV pada masa pandemi covid-19. Tujuannya yaitu mendeskripsikan upaya dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin siswa kelas IV SDN Ngaren pada masa pandemi covid-19 dan mendeskripsikan hambatan yang mempengaruhi tumbuhnya nilai karakter disiplin siswa kelas IV SDN Ngaren pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 23 orang yang terdiri atas 3 guru kelas, 3 wali murid, dan 17 siswa kelas IV SDN Ngaren Kecamatan Ngadirejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji kredibilitas yang terdiri dari peningkatan ketekukan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin siswa yaitu dengan pembiasaan, pendampingan, dan penguatan yang dilakukan oleh guru dan orang tua.Terdapat hambatan yang ditemui dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin siswa diantaranya yaitu interaksi yang terbatas, siswa tidak mampu mengendalikan emosi, lingkungan yang tidak kondusif, keterbatasan fasilitas pembelajaran, dan pendampingan orang tua yang masih kurang maksimal. Simpulan penelitian ini adalah guru dan oraang tua saling berupaya untuk menumbuhkan nilai karakter disiplin siswa. Dengan adanya pembiasaan, pendampingan, dan penguatan yang dilakukan guru dan orang tua membuat siswa dapat mengatur waktu belajar di rumah dengan baik, rajin dan teratur belajar, perhatian yang baik saat belajar di kelas, dan tertib pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung. Dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin siswa terdapat hambatan yang muncul diantaranya interaksi yang terbatas antara siswa dengan guru, perbedaan siswa dalam mengendalikan emosinya, adanya kondisi lingkungan yang tidak kondusif selama proses pembelajaran berlangsung, keterbatasan fasilitas pembelajaran khususnya handphone, serta pendampingan orang tua yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Covid-19; Disiplin; Nilai Karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:03
Last Modified: 19 Jul 2022 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50407

Actions (login required)

View Item View Item