ASPEK RELIGIOSITAS DALAM ROMAN OSCAR ET LA DAME ROSE KARYA ÉRIC-EMMANUEL SCHMITT MENURUT TEORI RELIGIOSITAS GLOCK DAN STARK


Ena Erena Erlikasia, 2311416020 (2021) ASPEK RELIGIOSITAS DALAM ROMAN OSCAR ET LA DAME ROSE KARYA ÉRIC-EMMANUEL SCHMITT MENURUT TEORI RELIGIOSITAS GLOCK DAN STARK. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 2311416020 - Ena Erena Erlikasia(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Éric Emmanuel Schmitt merupakan seorang penulis kontemporer Perancis. Roman Oscar et La Dame Rose merupakan salah satu karyanya. Roman tersebut termasuk dalam serial Le Cycle de L'Invisible. Roman ini terinspirasi dari masa kecilanya saat Schmitt menemani ayahnya bekerja di rumah sakit. Peneliti memilih roman ini karena roman ini mencerutakan pergumulan hati seorang anak kecil laki-laki untuk menemukan keberadaan Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dimensi-dimensi religiositas menggunakan teori religiositas Glock dan Stark. Penelitian ini menggunakan roman Oscar et La Dame Rose sebagai objek material, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Teori religiositas adalah teori yang mengkaji kesadaran beragama seseorang seperti ketaatan dan keyakinan seseorang terhadap ajaran-ajaran agama yang dianutnya. Teori religiositas menurut Glock dan Stark terdapat lima dimensi religiositas yaitu : dimensi ideologi (the ideological dimension), Dimensi peribadatan atau praktik agama (the ritualistic dimension), Dimensi feeling atau penghayatan (the experiencal dimension), Dimensi pengetahuan agama (the intellectual dimension), Dimensi effect atau pengamalan (the consequential viii dimension). Hal ini relevan untuk mengidentifikasikan dimensi-dimensi religiositas dalam roman ini karena dalam roman ini melibatkan kesadaran agama seseorang terutama pada tokoh Oscar dan Mamie Rose. Dari hasil analisis roman Oscar et La Dame Rose dapat dimengerti bahwa tingkat dimensi religiositas bukan hanya tentang bagaimana manusia menyakini ajaran agama yang dipercayai, melainkan religiositas juga melingkupi hubungan antara manusia dengan Tuhan dan hubungan dengan sesama manusia ataupun dengan lingkungannya. Dari hasil analisis dapat dimengerti juga bahwa dimensi religiositas terbentuk karena adanya aktivitas keagaamaan dalam kehidupannya seperti kegiatan ritual agamanya dan kegiatan lain yang tidak terlihat mata. Selain itu dari analisis roman Oscar et La Dame Rose dapat disimpulkan bahwa tingkat religiositas dan perubahan aspek religiositas seseorang juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar orang tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Oscar et La Dame Rose, psikologi Agama, religiositas, Éric Emmanuel Schmitt, Glock dan Stark
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:33
Last Modified: 19 Jul 2022 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50406

Actions (login required)

View Item View Item