KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Khairunisa Hanum Hafifah, 1401417083 (2021) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR] PDF (KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SD Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat diperoleh data bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam pemahaman terhadap suatu bacaan. Hal ini didukung dengan hasil belajar bahasa Indonesia pada kemampuan membaca pemahaman siswa kurang maksimal, diduga hal tersebut diakibatkan karena bahan ajar yang kurang efektif dan topik bacaan sangat jauh dari kehidupan siswa. Pada kegiatan pembelajaran ditemui juga rendahnya aktivitas siswa pada saat bahan ajar disajikan. Hal ini perlu adanya perlakuan yaitu dengan menggunakan bahan ajar membaca berbasis kearifan lokal, karena bahan ajar tersebut terkandung materi bersifat nyata dan dekat dengan siswa baik lingkungan dan karakteristiknya, sehingga memungkinkan siswa lebih mudah memahami informasi pada bacaan. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan bahan ajar membaca berbasis kearifan lokal dan aktivitas siswa pada kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, dengan jenis desain yang digunakan yaitu quasi eksperimental bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor tes akhir kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 80,90 dan kelas kontrol sebesar 73,20. Hasil rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol (0,34 > 0,07), hal tersebut termasuk kategori sedang. Hasil pengamatan aktivitas siswa dengan lembar obsevasi menunjukan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 70% dibandingkan kelas kontrol sebesar 58%. Simpulan penelitian ini yaitu bahan ajar membaca berbasis kearifan lokal efektif digunakan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman serta aktivitas siswa kelas IV SDN Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat. Saran yang disampaikan yaitu: 1) dapat diadakannya pelatihan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis lokal; 2) saat pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal juga memperhatikan perencanaan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar membaca, kemampuan membaca pemahaman, kearifan lokal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:22
Last Modified: 19 Jul 2022 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50405

Actions (login required)

View Item View Item