PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KABUPATEN PURWOREJO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN WIRONATAN


Anjani Daruning Pertiwi, 1401417079 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KABUPATEN PURWOREJO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN WIRONATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KABUPATEN PURWOREJO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN WIRONATAN] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KABUPATEN PURWOREJO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN WIRONATAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data hasil prapenelitian di kelas V SDN Wironatan diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa tidak efektif, dibuktikan dengan hasil belajar terdapat 20 siswa dari 32 siswa belum mencapai KKM. Proses pembelajaran menggunakan buku tematik guru dan siswa dengan topik yang terkandung diluar jangkauan siswa. Hal ini terjadi karena buku tematik diproduksi secara nasional, sementara Indonesia merupakan negara yang mempunyai kultur beragam, sehingga siswa tidak mempelajari contoh nyata yang dekat dengan siswa sebagai pengetahuaan awal atau pondasi terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Kabupaten Purworejo yang di dalamnya memuat bacaan tentang keragaman Kabupaten Purworejo, serta menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Peneliti henya menggunakan tujuh tahap yaitu penemuan masalah, pengumpulan data, perancangan produk, validasi produk, revisi, uji coba produk skala kecil, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar membaca berbasis Kabupaten Purworejo untuk Kelas V SDN Wironatan yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan oleh ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media dengan persentase komponen bahasa 78,5% (layak), komponen materi 74,2% (layak), dan komponen media 77,7% (layak); (2) bahan ajar membaca berbasis Kabupaten Purworejo efektif digunakan dengan perhitungan uji peningkatan rata-rata (ngain), diketahui bahwa peningkatan rata-rata (n-gain) data tes awal dan tes akhir sebesar 0,41813 dan tergolong dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar membaca berbasis Kabupaten Purworejo yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) bahan ajar membaca berbasis Kabupaten Purworejo dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD di Kabupaten Purworejo; (2) guru sebaiknya dapat mengembangkan bahan ajar yang lebih variatif dalam bentuk lain untuk kemampuan membaca pemahaman siswa sehingga pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, berbasis, kabupaten Purworejo, membaca.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:17
Last Modified: 19 Jul 2022 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50403

Actions (login required)

View Item View Item