Upaya Meningkatan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran Melalui Kegiatan “Remase” di SMP 33 Semarang


Zaenal Abidin, FMIPA Ilkom and Tri Mulyono Edi Saputro, - (2011) Upaya Meningkatan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran Melalui Kegiatan “Remase” di SMP 33 Semarang. JURNAL KREANO, 2 (2). ISSN 2086-2334

[thumbnail of Upaya Meningkatan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran Melalui Kegiatan “Remase” di SMP 33 Semarang.pdf] PDF - Published Version
Download (317kB)
[thumbnail of Review Upaya Meningkatan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran Melalui Kegiatan “Remase” di SMP 33 Semarang.pdf] PDF - Published Version
Download (979kB)

Abstract

Masalah utama yang dikaji dalam pengembangan inovasi ini adalah upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi Geometri dan pengukuran. Pengembangan inovasi ini bertujuan untuk untuk menerapkan pembelajaran melalui kegiatan “Remase” pada siswa kelas VIII E Semester 2 di SMP 33 Semarang, sehingga dapat diketahui: apakah pembelajaran melalui kegiatan “Remase” dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi Geometri dan Pengukuran. Pengembangan inovasi ini terdiri dari beberapa siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan evaluasi, refleksi. Lokasi penelitian ini di SMP 33 Semarang. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E semester 2 sebanyak 37 siswa. Pengembangan inovasi ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengembangan inovasi dikatakan berhasil apabila rata-rata hasil belajar pada materi yang menerapkan Remase minimal 65 dan 75% siswa minimal memperoleh hasil belajar 70, serta tingkat motivasi belajar siswa di atas 70%. Instrumen yang disusun berupa tes, lembar observasi, dan angket. Hasil pengembangan inovasi ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII E pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa 59,76, pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa 77,03. pada siklus kedua kedua ini indikator yang ditetapkan telah tercapai. Sedangkan dari hasil angket, dapat dikatakan bahwa dengan adanya pembelajaran matematika melalui kegiatan Remase 1) siswa merasa senang dalam mengikuti pelajaran, 2) motivasi belajar matematika siswa meningkat, 3) siswa dapat melakukan kerjasama dalam menyelesaikan soal, 4) hasil belajar siswa juga meningkat, 5) adanya apresiasi dari setiap hasil karya yang dihasilkan siswa, 6) kegiatan pembelajaran begitu menyenangkan dan tidak terpaku harus dilaksanakan di dalam kelas tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CTL; Remase; Motivasi; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:08
Last Modified: 19 Jul 2022 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50402

Actions (login required)

View Item View Item