KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS BUDAYA JEPARA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD


Anis Magfiroh, 1401417059 (2021) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS BUDAYA JEPARA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS BUDAYA JEPARA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD] PDF (KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS BUDAYA JEPARA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil prapenelitian di SD, Gugus Kartini, diperoleh fakta bahwa hasil kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penyebabnya bahan ajar yang digunakan berisi narasi berskala nasional yang membuat siswa kesulitan memahami bacaan, sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan bahan ajar membaca berbasis lokal berupa bahan ajar membaca berbasis budaya Jepara daripada bahan ajar berbasis nasional terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada kemampuan membaca pemahaman siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD, Gugus Kartini. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Buwaran sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, uji n-gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data tes awal kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata skor tes akhir kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (82,33 > 71). Hasil uji-t menunjukkan bahwa skor thitung (2,475) > ttabel (2,020). Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,1552 < 0,5131). Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 83% dibandingkan kelas kontrol yaitu 65%. Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahan ajar membaca berbasis budaya Jepara efektif digunakan dalam kemampuan membaca pemahaman dan meningkatkan aktivitas siswa dibandingkan bahan ajar berbasis nasional. Saran dari penelitian ini yaitu diadakan pelatihan bagi guru dalam membuat dan mengembangkan bahan bahan ajar berbasis lokal supaya dapat digunakan ketika mengajar untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : bahan ajar membaca; berbasis budaya Jepara; kemampuan membaca pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:09
Last Modified: 19 Jul 2022 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50401

Actions (login required)

View Item View Item