HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD GUGUS SADEWA KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG


Novia Hilda Anggraeni, 1401416276 (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD GUGUS SADEWA KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD GUGUS SADEWA KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG] PDF (HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD GUGUS SADEWA KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berkomunikasi sebagai pengarah siswa dalam proses pembelajaran dan keaktifan belajar sebagai pengetahuan yang diperoleh sendiri secara aktif di dalam pembelajaran, sehingga siswa harus ikut aktif di dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Kedua hal ini sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa agar lebih optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menguji hubungan kemampuan berkomunikasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus Sadewa Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung; (2) menguji hubungan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus Sadewa Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung; (3) menguji hubungan kemampuan berkomunikasi dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus Sadewa Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Popilasi dalam penelitian ini yaitu 122 siswa kelas IV SD Gugus Sadewa Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisa data, dilakukan uji persyaratan yang meliputi uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisa data dengan analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,732 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 35,9%; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,676 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 41,3%; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi dan keaktifan belajar siswa secara bersama – sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus Sadewa Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung. Saran bagi guru dan sekolah hendaknya dapat bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan keaktifan belajar siswa melalui pembelajaran di dalam kelas maupun kegiatana sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berkomunikasi; keaktifan belajar siswa; hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:05
Last Modified: 19 Jul 2022 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50399

Actions (login required)

View Item View Item