PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT DI BBPLK SEMARANG


Noor Hidayah, 1201417022 (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT DI BBPLK SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT DI BBPLK SEMARANG] PDF (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT DI BBPLK SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pelatihan ditentukan oleh strategi pembelajaran dan motivasi belajar. Salah satu faktor masih rendahnya hasil belajar yaitu kurang mampunya dalam memilih dan mendesain strategi pembelajaran yang tepat yang mengakibatkan kejenuhan pada diri peserta sehingga menimbulkan berkurangnya motivasi belajar yang akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar pada pelatihan menjahit di BBPLK Semarang. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar pada program pelatihan menjahit di BBPLK Semarang, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada program pelatihan menjahit di BBPLK Semarang, 3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar pada program pelatihan menjahit di BBPLK Semarang.4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belar pada program pelatihan menjahit di BBPLK Semarang Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah peserta pelatihan menjahit angkatan 2020 di BBPLK Semarang, yang berjumlah 192 peserta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional sampling dan pengukuran dengan rumus slovin, diperoleh sampel 130 peserta dengan uji coba instrumen penelitian 30 peserta. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner/angket terdiri dari 32 pernyataan. Metode analisis data penelitian ini adalah dengan teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas,uji homogenitas, uji linearitas dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar pada program pelatihan menjahit di BBPLK Semarang sebesar 75,4%, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada program pelatihan menjahit di BBPLK Semarang sebesar 62,3%, (3) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada program pelatihan menjahit di BBPLK Semarang sebesar 81,2%, (4) Strategi pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 81,2%. Simpulannya yaitu terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada program pelatihan menjahit di BBPLK Semarang. Saran peneliti yaitu, diharapkan instruktur meningkatkan strategi pembelajaran yang menarik sehingga peserta pelatihan lebih termotivasi dalam mengikuti pelatihan, dan diharapkan peserta didik meningkatkan motivasi belajar untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran, Motivasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:48
Last Modified: 19 Jul 2022 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50397

Actions (login required)

View Item View Item