PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB KOTA TEGAL


NADIA NURISA IZZATI, 1201416081 (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB KOTA TEGAL] PDF (PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SKB KOTA TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik kesetaraan paket C di Kota Tegal, 2) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik kesetaraan paket C di SKB Kota Tegal, 3) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada kesetaraan paket C di SKB Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi berjumlah 151 peserta didik dan sampel berjumlah 99 peserta didik paket C dari kelas 10, 11, dan 12. Teknik pengambilan sampel menggunakan propostionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisoner. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini mengunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Dengan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini meliputi 1) ada pengaruh pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik kesetaraan paket C di SKB Kota Tegal, 2) ada pengaruh pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik kesetaraan paket C di SKB Kota Tegal, 3) ada pengaruh pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik kesetaraan paket C di SKB Kota Tegal. Simpulan penelitian ini meliputi 1) terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Tegal secara signifikan dan positif yang ditunjukkan pada nilai thitung lebih besar dibanding ttabel, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Tegal yang ditunjukkan pada nilai thitung lebih besar dibanding ttabel, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Tegal yang ditunjukkan pada nilai fhitung lebih besar dibanding ftabel. Saran bagi peserta didik. serta bagi lembaga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan disiplin belajar yang terdapat pada diri peserta didik didalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, disiplin belajar, hasil belajar, kesetaraan paket C
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:40
Last Modified: 19 Jul 2022 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50395

Actions (login required)

View Item View Item