PENINGKATAN KESEHJATERAAN MASYARAKAT MELALUI EDUWISATA AGRO BERBASIS PEMBERDAYAAN DI KAMPUNG GAGOT BANJARNEGARA


Kharisma Abdi Wicaksono, 1201416078 (2021) PENINGKATAN KESEHJATERAAN MASYARAKAT MELALUI EDUWISATA AGRO BERBASIS PEMBERDAYAAN DI KAMPUNG GAGOT BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KESEHJATERAAN MASYARAKAT MELALUI EDUWISATA AGRO BERBASIS PEMBERDAYAAN DI KAMPUNG GAGOT BANJARNEGARA] PDF (PENINGKATAN KESEHJATERAAN MASYARAKAT MELALUI EDUWISATA AGRO BERBASIS PEMBERDAYAAN DI KAMPUNG GAGOT BANJARNEGARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Desa Kutawuluh membutuhkan pemberdayaan untuk memperbaiki kualitas kesejahteraannya terutama di bidang ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan peningkatan kesehjateraan masyarakat melalui eduwisata agro berbasis pemberdayaan di Kampung Gagot Banjarnegara, dan untuk mendeskripsikan faktor pendorong dan faktor penghambat pelaksanaan peningkatan kesehjateraan masyarakat melalui eduwisata agro berbasis pemberdayaan di Kampung Gagot Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Eduwisata Agro Kampung Gagot Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dan informan penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 1 orang manager, 4 orang pengelola, 1 perangkat desa, 2 orang masyarakat, dan 2 orang pengunung . Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Metode analisis data: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Eduwisata Agro Kampung Gagot berjalan secara mandiri. Pemberdayaan yang dilakukan tahap persiapan, pengkajian, perencanaan alternatif program, tahap performalisasi rencana aksi, pelaksanaan program, tahap evaluasi, dan tahap terminasi. Ke tujuh tahapan tersebut telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi, (2) faktor pendorongnya berupa kebutuhan ekonomi masyarakat setempat, kesadaran masyarakat untuk mengelola potensi lokal, serta motivasi dan kepuasan pengunjung, serta faktor penghambatnya adalah menurunnya daya tahan fisik angggota pengelola, kualitas SDM yang masih rendah, cuaca yang tidak menentu, serta adanya pandemi covid-19. Kesimpulan dari penelitian ini adalah. Eduwisata Agro Kampung Gagot merupakan sebuah objek wisata yang memiliki konsep perkampungan yang dikemas dengan sistem outbond dengan fasilitas yang mendukung dan dikelola secara mandiri. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor yang mempengaruhi yaitu faktor pendorong yang berupa kebutuhan ekonomi masyarakat setempat, kesadaran masyarakat untuk mengelola potensi lokal yang ada, serta motivasi dan kepuasan pengunjung atau wisatawan, sedangkan faktor penghambatnya adalah menurunnya daya tahan fisik angggota pengelola, kualitas sumber daya manusia yang masih rendah, cuaca yang tidak menentu, serta adanya pandemi covid-19. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah mengundang ahli untuk memberi pelatihan/materi pemberdayaan masyarakat, menyiapkan aternatif cadangan pada setiap kegiatan, mengurangi kegiatan fisik bagi anggota lanjut usia, tetap membuka kunjungan dengan protokol kesehatansaat pandemi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, Pemberdayaan Masyarakat, Eduwisata Agro, Kampung Gagot
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:34
Last Modified: 19 Jul 2022 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50393

Actions (login required)

View Item View Item