BENTUK POLA ASUH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG


Hana Nisrina Imarah, 1201416059 (2020) BENTUK POLA ASUH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BENTUK POLA ASUH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG] PDF (BENTUK POLA ASUH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengasuhan ibu asuh di SOS Children’s Village Semarang dalam meningkatkan kecerdasan sosial anak sekolah dasar. Anak-anak sekolah dasar harus memiliki keterampilan sosial yang baik sebab manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karena itupenting bagi orang tua untuk mengembangkan kemampuan sosial anak terhadap lingkungan baik di sekolah maupun di masyarakat yakni dengan memberikan pola pengasuhan yang tepat. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hal ini bertujuan agar peneliti dapat menyampaikan secara jelas dan rinci tentang informasi atau data yang diperoleh selama di lapangan secara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pola pengasuhan yang diterapkan SOS Children’s Village merupakan pengasuhan berbasis keluarga atau Family Base Caredimana anak-anak tersebut di asuh layaknya keluarga sendiri karena mereka telah beresiko kehilangan haknya sebagai anak. Maka dari itu mereka tinggal di sebuah desa SOS yang terdiri dari 14 rumah setiap anak tinggal bersama ibu asuh sesuai dengan agama yang dianutnya. Pola asuh Family Base Care ini cenderung pola asuh demokratis dimana bentuk pengasuhannya memberikan kebebasan anak namun kebebasan tersebut masih batas wajar tetap ada pengontrolan dan arahan dari ibu asuh. (2) Kecerdasan sosial yang dimiliki anak SOS Children’s Village sudah memenuhi segala aspek, seperti keterampilan dalam berkomunikasi, keterampilan membuat humor, keterampilan menjalin persahabatan, keterampilan berperan kelompok, dan keterampilan bersopan santun Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa ada keterkaitan antara pola pengasuhan keluarga yang diterapkan ibu asuh SOS Children’s Village Semarang dalam upaya meningkatkan kecerdasan sosial anak. Kecerdasan sosial anak yang dimiliki sudah baik karena pola pengasuhan yang diterapkan ibu asuh dan di dukung dengan kegiatan yang ada di SOS Children’s Village Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua, Kecerdasan Sosial Anak. SOS Children’s Village Semarang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:01
Last Modified: 18 Jul 2022 09:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50392

Actions (login required)

View Item View Item