KOMUNITAS ASA EDU DALAM MASYARAKAT MARGINAL DENGAN PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT TAMBAK LOROK KOTA SEMARANG


Nurfaiddah Rahmawati, 1201415042 (2020) KOMUNITAS ASA EDU DALAM MASYARAKAT MARGINAL DENGAN PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT TAMBAK LOROK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMUNITAS ASA EDU DALAM MASYARAKAT MARGINAL DENGAN PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT TAMBAK LOROK KOTA SEMARANG] PDF (KOMUNITAS ASA EDU DALAM MASYARAKAT MARGINAL DENGAN PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT TAMBAK LOROK KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komunitas Asa Edu terbentuk atas kepedulian terhadap masyarakat pesisir untuk membantu mengatasi masalah melalui pendidikan masyarakat dalam bentuk program-proram kegiatan yaitu Pesisir Kreatif, Pesisir Cerdas dan Pesisir Sehat yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran komunitas Asa Edu dalam pendidikan masyarakat pesisir serta menganalisa faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi 6 narasumber yang terdiri atas 2 karang taruna, 2 volunteer dan 2 sasaran program kegiatan serta 2 informan dari pengurus komunitas Asa Edu. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil yang diperoleh bahwa peran komunitas Asa Edu dalam pendidikan masyarakat yaitu memfasilitasi masyarakat Tambak Lorok akses pendidikan nonformal dalam pendidikan masyarakat dalam bentuk (1) program Asa Edu Mengajar adalah program yang didalamnya berjalan kegiatan pendampingan belajar anak-anak. (2) Program Pustaka Pesisir adalah program yang di dalamnya berupa kegiatan pengelolaan rumah baca Seroja yang di fungsikan sebagai tempat bacaan masyarakat dan kegiatan penanaman gemar membaca sejak dini pada anak-anak. (3) Program Pesisir Talenta merupakan program dengan kegiatan memberikan pelatihan untuk bakat minat anak-anak dalam mengasah kemampuan diri dalam latihan tari, melukis dan baca tulis Alquran. Simpulan penelitian yaitu dengan diselenggarakannya program-program tersebut mampu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia masyarakat marginal Tambak Lorok mulai dari perbaikan karakter anak-anak dan bertambahnya wawasan masyarakat mengenai pentingnya Pendidikan, kesehatan dan kreativitas. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor pendukung dengan partisipasi masyarakat dan dukungan dari pemerintah maupun swasta turut berkontribusi dalam kelancaran program kegiatan, namun juga terdapat penghambat kelancaran program yaitu pembiayaan operasional, minimnya sarana dan prasarana, membutuhkan pendekatan yang lebih mendalam kepada masyarakat awam dan kesibukan masing-masing anggota pengurus komunitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Komunitas Asa Edu, Masyarakat Marginal, Pesisir, Pendidikan Masyarakat
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:24
Last Modified: 18 Jul 2022 08:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50391

Actions (login required)

View Item View Item