KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD ALAM JUNGLE SCHOOL SEKARAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Dea Ayu Rafika, 1201415032 (2021) KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD ALAM JUNGLE SCHOOL SEKARAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD ALAM JUNGLE SCHOOL SEKARAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG] PDF (KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD ALAM JUNGLE SCHOOL SEKARAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan sosial adalah kemampuan dalam menigatur pikiran, emiosi serta periilaku unituk memiulai serta menjaga huibungan ataupun iinteraksi diengan liingkungan sosial siecara efektiif diengan miempertimbangkan niorma serta kiepentingan sosi al dan tiujuan pribadi. Fokus dari Paud Alam Jungle adalah memastikan bahwa anak-anak berkembang dan tumbuh sesuai dengan usianya dengan bermain dan belajar di alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan sosial anak usia dini di Paud Alam Jungle School Sekaran Gunungpati Kota Semarang, faktor pendukung serta faktor penghambat dalam perkembangan keterampilan sosial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat 4 subjek dalam penelitian ini yaitu: pengelola 1 orang, guru 3 orang, orang tua 3, dan pengasuh 2 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan analisis datanya dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menjukkkan bahwa Anak usia dini memiliki perkembangan keterampilan sosial yang berbeda-beda. Kondisi dan lingkungan mempengaruhi bagaimana anak tumbuh dan berkembang, seperti bagaimana orang tua dalam mendidik anak, bagaimana kondisi lingkungan anak, serta kondisi anak usia dini itu sendiri mempengaruhi bagaimana perkembangan keterampilan sosial anak. Disimpulkan secara umum bahwa Keterampilan sosial anak di Paud Alam Jungle School tidak semua anak berkembang secara baik. Karena faktor usia serta adanya pola asuh orang tua dan kondisi anak itu sendiri. Faktor pendukung diantaranya guru, orang tua, dan pengasuh dalam memberikan stimulus terhadap anak usia dini. Faktor penghambat diantaranya adalah kondisi anak yang berbedabeda, dan polah asuh orang tua yang kurang tepat. Saran untuk guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode lain yang lebih menarik untuk meningkatkan seluruh aspek perkembangan anak terutama dalam meningkatkan keterampilan sosial anak, untuk orangtua bisa mengoptimalkan perannya dalam mendidik anak, antaranya dengan melatih anak tanggung jawab, untuk pengasuh agar tidak mengabulkan semua keinginan anak asuhnya, dan untuk Paud Alam Jungle School dapat memberikankan fasilitas lebih baik lagi dan memberikan pelatihan kepada guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini, Paud Alam
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:12
Last Modified: 18 Jul 2022 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50390

Actions (login required)

View Item View Item