KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN EKTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MADIUN


Puji Rahayu Wulandari, 7101417063 (2021) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN EKTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MADIUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN EKTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MADIUN] PDF (KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN EKTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MADIUN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun. Salah satu keunikan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun yang tidak ada di tempat lain adalah adanya kegiatan pelayanan jemput bola yaitu pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan dengan cara berkeliling yang disebut dengan PECEL ANDOK artinya (Pelayanan Cepat Keliling Administrasi Dokumen Kependudukan) dan pelayanan GADJAH MADA (Petugas Adminduk Berkunjung ke Rumah, Masyarakat Kota Madiun Bahagia). Program jemput bola tersebut dilakukan satu kali dalam seminggu yaitu pada hari sabtu atau minggu dengan cara berkeliling ke setiap kelurahan dan tempat umum. dengan adanya kegiatan tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun dapat memberikan pelayanan yang lebih memudahkan bagi masyarakat Kota Madiun dan dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada masyarakat Kota Madiun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun dilihat dari dimensi tangible, reliability, responsiviness, assurance dan emphaty beserta indikatornya. (1) Belum tersedianya alat komunikasi khusus berupa handphone yang digunakan pegawai dalam melakukan pelayanan e-KTP. (2) Kehandalan pegawai dalam menangani setiap keluhan pelayanan belum sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan terkait proses pelayanan dan pembuatan e-KTP. Dimensi (3) Pegawai kurang tanggap dalam melayani dan menjawab pertanyaan masyarakat pada proses pelayanan pembuatan e-KTP karena kurangnya SDM yang ada. (4) Jaminan ketepatan waktu proses pelayanan belum sesuai dengan waktu yag telah ditentukan, selain itu Dinas Kependudukan Sipil Kota madiun belum memberikan jaminan legalitas kepada masyarakat penerima layanan e-KTP. (5) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun sudah menunjukkan upaya meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan kesan menyenangkan dalam proses pelayanan seperti bersikap ramah dan sopan dalam menghadapi permintaan, kritik, saran yang diberikan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:22
Last Modified: 18 Jul 2022 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50372

Actions (login required)

View Item View Item