PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEPAKTAKRAW BERBASIS ANDROID BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 DEMAK


BAGAS WAHYU NUGROHO, 6101417039 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEPAKTAKRAW BERBASIS ANDROID BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEPAKTAKRAW BERBASIS ANDROID BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 DEMAK] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEPAKTAKRAW BERBASIS ANDROID BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 DEMAK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi berkembang semakin masif, penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran juga harus mengikuti perkembangan teknologi. Bahan ajar berupa buku cetak masih digunakan dalam pembelajaran disekolah, namun dalam perkembangannya saat ini, perlu dilakukan pembelajaran yang memanfaatkan media lain seperti komputer/laptop bahkan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Sepaktakraw berbasis android yang diterapkan kepada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Demak. Metode yang digunakan dalam penelitin ini yaitu Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini langkah yang dilalui meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain kepada ahli media dan ahli materi, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pembuatan aplikasi android menggunakan software Android Studio dengan 3 Pengujian yaitu functionality testing dengan black box, validasi desain oleh ahli media dan ahli materi, dan keterterimaan siswa oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Demak. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aplikasi media pembelajaran Sepaktakraw berbasis android termasuk dalam kategori layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan functionality testing dan validasi para ahli. Dari analisis functionality testing (uji black-box memperoleh hasil 100%), uji media memperoleh hasil 100% dan uji materi memperoleh hasil 100%. Hasil analisis keterterimaan siswa terhadap aplikasi media pembelajaran Sepaktakraw berbasis android menunjukan sangat positif dengan persentase rata-rata per aspek 83,20%. Berdasarkan penelitian, pengembangan media pembelajaran Sepaktakraw berbasis android bagi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Demak. Aplikasi Sangat Layak untuk digunakan, Kelayakan aplikasi terbagi menjadi tiga aspek pengujian, yaitu functionality testing mendapat persentase 100%, uji media mendapat persentase 100%, dan uji materi mendapat persentase 100%. Dengan demikian dapat dinyatakan aplikasi media pembelajaran Sepaktakraw berbasis android “Sangat Layak” untuk dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis keterterimaan siswa terhadap aplikasi menunjukan sangat positif dengan rata-rata per aspek 83,20%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Sepaktakraw
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:55
Last Modified: 18 Jul 2022 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50361

Actions (login required)

View Item View Item